Halo gaes, bertemu lagi dengan mimin ganteng yang kali ini akan membagikan sebuah contoh Rencana Pembelajaran yang mungkin kalian membutuhkan.
dalam pembelajran, memang kita slalu butuh sebuah rencana pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Namun, kebanyakan dari pengajar sering tidak menggunakan RPP nya dengan baik. beberapa kasus ditemui, bahwa RPP hanya sebuah RPP hanya dijadikan sebagai "bahan bawaan" yang dibawa ke dalam kelas. entah itu dibuka atau tidak, yang jelas RPP seharusnya dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk mengalokasikan materi dan waktu pembelajaran.
baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak contoh di bawah ini
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                              :  ...............................
Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indoesia
Kelas/Semester                  :  VII/dua
Materi Pokok                    :  Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan
                                               Puisi Rakyat
Alokasi Waktu                  :  5 Pertemuan (15 JP) 
A.      Kompetensi Inti (KI)
  KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
A.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
|     No.  |        Kompetensi    Dasar  |        Indikator    Pencapaian Kompetensi  |   
|    1.  |      3.10  Menelaah struktur dan kebahasaan puisi    rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang   dibaca dan didengar.  |      3.10.1  Menyimpulkan   variasi pola pengembangan isi pantun 3.10.2  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun  3.10.3  Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya 3.10.4   Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat   berupa pantun 3.10.5   Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa 3.10.6.  Mmemperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata,   kalimat, ejaan dan               tanda baca.  |  
|    2.  |      4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan   dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa  |      4.10.1 Menulis puisi   rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan   kaidah    puisi rakyat (pantun) 4.10.2  Menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk   musikalisasi  4.10.3  Menyajikan pantun dalam bentuk berbalas   pantun  |  
 
B.       Tujuan Pembelajaran
3.10.1  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik
            dapat menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun
3.10.2  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik 
            dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun 
3.10.3  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik 
            dapat melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa 
            serta menelaahnya
3.10.4  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik
            dapat memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa 
            pantun
3.10.5  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik 
            dapat mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa
3.10.6. Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik 
            dapat memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, 
            kalimat, ejaan dan  tanda baca.
4.10.1 Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik dapat menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah    puisi rakyat (pantun)
4.10.2 Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik
            dapat menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk  musikalisasi 
4.10,3  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik
            dapat menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun 
C.      Materi Pembelajaran
  
1.        Pola pengembangan pantun
2.        Struktur puisi rakyat 
3.        Karakteristik tiap bagian puisi rakyat
4.        Cara melengkapi puisi rakyat 
5.        Variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan 
6.        Penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun)
7.        Menelaah struktur puisi rakyat
8.        Melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, deskripsi bagian)
9.        Memvariasikan beragam puisi rakyat (pantun) 
10.    Membuat telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat
D.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.        Pendekatan   : Saintifik
2.        Model           : Sintak 5 M (Discovery Learning)
3.        Metode         : Diskusi/kerja kelompok/ Berpasangan, Pemberian tugas, Tanya jawab
E.       Sumber Belajar
·      Harsiati, Titik, Trianto, Agus, Kosasih. Bahasa Indonesia Edisi Revisi untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 165-192).
·      Media massa (Koran dan majalah), video, dan Internet 
F.       Media Pembelajaran
Model       : Contoh  puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
Gambar    : Video baca puisi dan musikalisasi puisi
       
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran     
1.        Pertemuan ke-1
a.        Pendahuluan  (10  menit )
1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.
3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran pengembangan isi pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.
4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan pengembangan isi pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.
5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan 
6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.
b.        Kegiatan inti (100 menit)
1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 166-169) 
2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang pola pengembangan isi puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu  pola pengembangan isi pantun, prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah dan bahasa pantun. 
4.        Peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan pola pengembangan isi  puisi pantun, prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.
5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara
bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c.         Penutup (10 menit)
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pola pengembangan isi  puisi pantun prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.
2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.    Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?
b.    Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c.    Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran pola pengembangan isi  pantun, prinsip penggunaan kata/istilah pada pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.
5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh pantun di majalah, koran, atau di buku. 
6.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
2.        Pertemuan ke-2
a.        Pendahuluan  (10  menit )
1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.
3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran variasi pola pengembangan pantun, komentar pantun dan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.
4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.
5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan 
6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.
b.        Kegiatan inti (100 menit)
1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 179-183) 
2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang  struktur  puisi rakyat (pantun,syair, gurindam). 
3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.
4.        Peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan  variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.
5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c.    Penutup (10 menit)
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkanstruktur puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a. Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?
b.  Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran variasi pola pengembangan pantun, komentar pantu ndan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.
5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh   puisi rakyat (pantun,syair, gurindam). di majalah, koran, atau di buku.
6.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
         3. Pertemuan ke-3
b.        Pendahuluan  (10  menit )
1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.
3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.
4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.
5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6.         Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.
b.         Kegiatan inti (100 menit)
1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 180-186) 
2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu telaah kebahasaan syair dan gurindam
4.        peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.
5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan  kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c.         Penutup (10 menit)
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan kebahsaan syair dan gurindam..
2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.     Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah 
      dilakukan ?
c.         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
d.        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.         Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.         Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh syair dan gurindam di majalah, koran, atau di buku. 
5.         Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
4.    Pertemuan ke- 4
a.        Pendahuluan  (10  menit )
1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.
3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.
b.      Kegiatan inti (100 menit)
1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 186-189) 
2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).
3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu musikalisasi syair/gurindam
4.        peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi secara kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.
c.         Penutup (10 menit)
1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan musikalisasi syair/gurindam.
2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
a.    Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?
b.    Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
c.    Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.
5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh musikalisasi syair/ gurindam di majalah, koran, atau di buku kumpulan nyanyian.
6.         Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
5.  Pertemuan ke- 5
a.      pendahuluan  (10  menit )
1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.
3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran berbalas pantun 
4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu  berbalas pantun. 
5.        .Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.
b.      Kegiatan inti (100 menit)
1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 (hal. 189-191)
2.         Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang berbalas pantun dan syair 
3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu berbalas pantun 
4.        peserta didik secara berkelompok berdiskusi menentukan kelompok pasangan berbalas pantun 
5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar
c. Penutup (10 menit)
1.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:
b.        Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?
c.         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?
d.        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?
2.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.
3.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran berbalas pantun.
4.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh berbalas pantun dan syair di majalah, koran, atau di buku kumpulan pantun dan syair. 
5.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.
H.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap  sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2.        Instrumen Penilaian
Pertemun ke- 1
a.      Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : ................................
Kelas/Semester     : VII/2
Tahun pelajaran    : 201 .. /201...
|     ‘No  |        Waktu  |        Nama  Siswa   |        Catatan Perilaku  |        Butir Sikap  |   
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
b.        Instrumen Penilaian 
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. 
JURNAL MEBACA
Nama/kelas         :
Judul Buku         :
Pengarang           :
Terbitan              :
Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..
|    Tanggal baca  |      Ringkasan isi  |      Komentar  |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
c.          Instrumen Uraian
       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
|    Kompetensi   Dasar  |      Materi  |      Indikator   Soal  |      Teknik/Bentuk  |  
|    Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi   rakyat setempat) yang dibaca dan didengar  |      ·      Pola  pengembangan pantun ·      Penggunaan   kata/kalimat pada pantun ·        Melengkapi pantun   sesuai struktur kaidah bahasa  |      ·      Disajikan 1 bait   pantun, siswa dapat menyimpulkan  variasi pola pengembangan isi pantun ·         Disajikan 1 bait   pantun, siswa dapat menyimpulkan   prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun  ·         Disajikan 1 bait   pantun yang rumpang, siswa dapat melengkapi pantun sesuai dengan struktur   kaidah bahasa  |      Tertulis/ uraian  |  
      
Instrumen Penilaian uraian
·         Sebutkan cara pengembangan isi pantu!
·         Simpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun
Rubrik penilaian uraian
|    1.       Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun  |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    a.    Sswa menyebutkan pola   pengembangan isi pantun dengan benar dan lengkap b.    Sswa menyebutkan pola   pengembangan isi pantun dengan benar dan dan kurang lengkap c.    Sswa menyebutkan pola   pengembangan isi pantun tidak benar d.    Sswa tidak menyebutkan pola   pengembangan isi pantun sama sekali  |      |      |      |      |  
|    2.       Penggunaan kata/ kalimat pada pantun   |      |      |      |      |  
|    a.           Siswa   menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan    tepat b.          Siswa   menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan    kurang tepat c.           Siswa   menggunakan kata/kalimat pada pantun tidak tepat  d.           Siswa   tidak menggunakan kata/kalimat pada pantun sama sekali  |      |      |      |      |  
|    3.    Melengkapi pantun yang rumpang   |      |      |      |      |  
|    a.               Siswa   melengkapi pantun yang rumpang dengan benar b.              Siswa   melengkapi pantun yang rumpang kurang benar c.               Siswa   melengkapi pantun yang rumpang tidak benar d.              Siswa   tidak melengkapi pantun yang rumpang sama sekali  |      |      |      |      |  
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
                        Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
                        Dibagi skor maksimal
Pertemuan ke-2
a.        Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : ........................
Kelas/Semester     : VII/2
Tahun pelajaran    : 201../201...
|     ‘No  |        Waktu  |        Nama  Siswa   |        Catatan Perilaku  |        Butir Sikap  |   
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
b. Instrumen Penilaian jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. 
JURNAL MEBACA
Nama/kelas         :
Judul Buku         :
Pengarang           :
Terbitan              :
Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..
|    Tanggal baca  |      Ringkasan isi  |      Komentar  |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
c. Instrumen uraian
Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
|    Kompetensi   Dasar  |      Materi  |      Indikator   Soal  |      Teknik/Bentuk  |  
|    Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi   rakyat setempat) yang dibaca dan didengar  |      1.          Variasi   pola pengembangan pantun 2.          Mengomentari pantun dari segi struktur dan bahasa 3.          Memperbaiki kesalahan pantun dari segi isi/syarat   pantun/penggunaan kata/kalimat/ejaan/tanda baca  |      ·        Disajikan 2 bait   pantun secara acak, siswa dapat memvariasi pantun  ·        Disajikan 2 bait   pantun, siswa dapat mengomentari dari segi struktur dan bahasa ·        Disajikan 1 bait   pantun yang kurang tepat dari segi isi/syarat pantun/penggunaan   kata/kalimat/ejaan/tanda baca, siswa dapat memperbaiki kesalahan  |      Tertulis/ uraian  |  
      
Instrumen Penilaian 
·         Tentukan Struktur puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)
Rubrik penilaian
|    Hal yang dinilai   Memvariasi pola pengembangan pantun memvariasi   |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    a.     Bagian   sampiran pantun  ·                Rima   silang pada larik 1 dan 2  ·                si   kalimat dalam sampiran logis ·                Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah ·                Tidak   berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian   isi pantun  ·           Rima   silang pada larik 3 dan 4  ·           Isi   kalimat logis ·           Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah ·             Tidak   berkaitan langsung dengan isi sampiran  |      |      |      |      |  
|    Hal yang dinilai   Mengomentari pantun   dari segi struktur dan bahasa   |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    b.     Bagian   sampiran pantun  ·                Rima   silang pada larik 1 dan 2  ·                si   kalimat dalam sampiran logis ·                Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah ·                Tidak   berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian   isi pantun  ·           Rima   silang pada larik 3 dan 4  ·           Isi   kalimat logis ·           Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah Tidak   berkaitan langsung dengan isi sampiran  |      |      |      |      |  
|    Hal yang dinilai   Memperbaiki pantun dari segi   struktur dan bahasa  |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    c.     Bagian   sampiran pantun  ·                Rima   silang pada larik 1 dan 2  ·                si   kalimat dalam sampiran logis ·                Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah ·                Tidak   berkaitan langsung dengan isi pantun Bagian   isi pantun  ·           Rima   silang pada larik 3 dan 4  ·           Isi   kalimat logis ·           Struktur   kalimat sesuai dengan kaidah Tidak   berkaitan langsung dengan isi sampiran  |      |      |      |      |  
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
                        Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
                        Dibagi skor maksimal
Pertemuan ke-3
a.Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : ...................
Kelas/Semester     : VII/2
Tahun pelajaran    : 201../201..
|     ‘No  |        Waktu  |        Nama  Siswa   |        Catatan Perilaku  |        Butir Sikap  |   
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
b.   Instrumen Penilaian jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. 
JURNAL MEBACA
Nama/kelas         :
Judul Buku         :
Pengarang           :
Terbitan              :
Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..
|    Tanggal baca  |      Ringkasan isi  |      Komentar  |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
c.         Instrumen uraian
       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
|    Kompetensi   Dasar  |      Materi  |      Indikator   Soal  |      Teknik/Bentuk  |  
|    4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan   dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa  |      ·        Menulis pantun dengan   memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah puisi rakyat   |      ·        Disajikan contoh 2   bait pantun dari objek sekitar, siswa dapat menulis pantun sesuai objek alam   yang diamati   |      Tertulis/ uraian    |  
      
Instrumen Penilaian 
Buatlah 1 bait pantun dari pengamatan objek sekitar !
Rubrik penilaian
|    Hal yang dinilai  |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    ·           Tema berkaitan dengan   hal-hal yang positif ·           Tema sesuai dengan   yang ditentukan ·            Isi sampiran pantun tidak mencontoh yang   pernah ada ·           Pola pengembangan   larik tidak mencontoh yang ada (bobot 1)   |      |      |      |      |  
|    Bagian   sampiran pantun  •     Rima silang pada larik 1 dan 2  •     Isi kalimat dalam sampiran logis •     Struktur kalimat sesuai dengan kaidah •     Tidak berkaitan langsung dengan isi   pantun  (bobot 2)   |      |      |      |      |  
|    Bagian   isi pantun  •     Rima silang pada larik 3 dan 4  •     Isi kalimat logis •     Struktur kalimat sesuai dengan kaidah •     Tidak berkaitan langsung dengan isi   sampiran (bobot   2)  |      |      |      |      |  
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
                        Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
                        Dibagi skor maksimal
Pertemuan ke-4
a.Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : .................................
Kelas/Semester     : VII/2
Tahun pelajaran    : 201../201....
|     ‘No  |        Waktu  |        Nama  Siswa   |        Catatan Perilaku  |        Butir Sikap  |   
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
b.   Instrumen Penilaian jurnal
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. 
JURNAL MEBACA
Nama/kelas         :
Judul Buku         :
Pengarang           :
Terbitan              :
Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..
|    Tanggal baca  |      Ringkasan isi  |      Komentar  |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
c. Instrumen uraian
Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
|    Kompetensi   Dasar  |      Materi  |      Indikator   Soal  |      Teknik/Bentuk  |  
|    4.10 Mengungkapkan   gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa  |      ·        Menyajikan syair dan   gurindam dalam bentuk musikalisasi   |      ·      Disajikan   1 contoh , syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi, siswa dapat   mempraktekkannya di depan kelas   |      Unjuk kerja  |  
      
Instrumen Penilaian 
Peragakanlah musikalisasi syair, gurindam secara kelompok di depan kelas!
Rubrik penilaian
|    Hal yang dinilai  |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    ·           Pilihan nda/irama   dengan isi syair/ gurindam ·           Nada diciptakan   secara orisinal/mengadaptasi ·           Penampilan tim dalam   musikalisasi ·           Volume suara memadai (bobot   1)    |      |      |      |      |  
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
                        Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
                        Dibagi skor maksimal
Pertemuan ke-5
a.Instrumen jurnal
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : ....................................
Kelas/Semester     : VII/2
Tahun pelajaran    : 201../201..
|     ‘No  |        Waktu  |        Nama  Siswa   |        Catatan Perilaku  |        Butir Sikap  |   
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
|    |      |      |      |      |  
b.Instrumen Penilaian 
Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur. 
JURNAL MEMBACA
Nama/kelas         :
Judul Buku         :
Pengarang           :
Terbitan              :
Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..
|    Tanggal baca  |      Ringkasan isi  |      Komentar  |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
|    |      |      |  
d.        Instrumen uraian
       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10
|    Kompetensi   Dasa  |      Materi  |      Indikator   Soal  |      Teknik/Bentuk  |  
|    4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan   dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan   memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa  |      ·        Berbalas pantun   |      ·        Disajikan 1 contoh pantun   berbalasan, siswa dapat membuat pantun berbalasan sendiri secara kelompok dan   mempraktekkannya di depan kelas   |      Unjuk kerja  |  
      
Instrumen Penilaian 
Buatlah pantun berbalasan dengan pasangan kelompok yang dipilih!
Rubrik penilaian
|    Hal yang dinilai  |      4  |      3  |      2  |      1  |  
|    ·           Kekompakan kelompok ·           Kecepatan membalas   pantun ·           Kecepatan memilih   sampiran dan isi pantun ·           Variasi pemilihan   kata ·           Vocal (pelafalan dan   intonasi) ·           Gaya yang ditampilkan (bobot   1)    |      |      |      |      |  
Penskoran
4= jika terdapat semua unsur
3= jika terdapat 3 unsur
2= jika terdapat 2 unsur
1= jika terdapat 1 unsur
penskoran
                        Skor yang diperoleh
Skorakhir ………………………………… X 100
                        Dibagi skor maksimal
Refleksi Perasaan
•       Pengalaman apa yang kamu dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini?
•       Tulislah kesulitan yang kamu hadapi dalam membaca dan mencipta puisi rakyat (pantun, syair dan, gurindam)
•       Sebutkan upaya apa yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesulitanmu!
•       Nilai-nilai kehidupan apa yang bisa kamu petik dalam proses pembelajaran hari ini!
•       Berikan tanda centang (v) pada simbol di bawah ini yang paling mewakili perasaanmu setalah proses pembelajaran hari ini
1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Pembelajaran Remedial
Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan
·         Pembelajaran ulang
Pembelajaran materi yang belum dikuasai peserta didik.
·         Bimbingan perorangan
b.         Pembelajaran Pengayaan
Diberikan kepada peserta didik yang sudah menguasai materi 
|    |      |      ......................., .... Jauari 2018  |  
|    Mengetahui Kepala     ..................................................................    NIP. .........................................  |      |      Guru Mapel Bhs Indonesia                   NIP. .............................................  |  
1.  Pantun 
|    NO  |      PANTUN NENEK   MOYANG  |      NO  |      PANTUN BARU  |  
|    1  |      Air   surut memungut bayam, Sayur   diisi ke dalam kantung; Jangan   diikuti tabiat ayam, Bertelur   sebiji riuh sekampung.   |      |      Pergi   melaut membawa jala, Jala   ditebar sambil mengingat;  Meski   hidup banyak kendala, Haruslah   kita slalu semangat.   |  
|    2  |      Baik   bergalas baik tidak, Buli-buli   bertali benang; Baik   berbalas baik tidak, Asal   budi sama dikenang.  |      |      Enak   rasanya bubur yang hangat, Enak   dimakan bersama kerupuk; Hidup   memang harus semangat, Janganlah   mudah kita terpuruk.  |  
|    3  |      Ikan   nila dimakan berang-berang, Katak   hijau melompat ke kiri; Jika   berada di rantau orang, Baik-baik   membawa diri.  |      |      Kota   Sampit di Kalimantan, Kota   Makasar di Sulawesi; Teruslah   berusaha jadi teladan, Raihlah   cita raih prestasi.  |  
|    4  |      Akar   keladi melilit selasih, Selasih   tumbuh di hujung taman; kalungan   budi junjungan kasih, Mesra   kenangan sepanjang zaman.  |      |      Penghasil   batik di Yogyakarta, Kalaulah   Brebes penghasil beras; Berusaha   terus mengajar cita, Sambil   berdoa dan kerja keras.  |  
2. Gurindam 
Jika hendak mengenal orang mulia,                Apabila dengki sudah bertanah, 
lihatlah kepada kelakuan dia               datanglah darinya beberapa anak panah.
Jika hendak bertanya dan belajar tiadalah jemu           Mengumpat dan memuji hendaklah pikir,
mengenal orang yang berilmu,                                      di situlah banyak orang yang tergelincir
Jika hendak mengenal orang yang berakal,                  Pekerjaan marah jangan dibela
di dalam dunia mengambil bekal                                nanti hilang akal di kepala.
3.    Syair
Syair perahu 
Inilah gerangan suatu madah
Mengarangkan syair terlalu indah
Membetuli jalan tempat berpindah
Di sanalah iktikat diperbetuli sudah
Wahai muda kenali dirimu
Ialah perahu tamsil hidupmu
Tiadalah berapa lama hidupmu
Ke akhirat jua kekal hidupmu
Hai muda arif budiman
Hasilkan kemudi dengan pedoman
Alat perahumu jua kerjakan
Itulah jalan membetuli insan
Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengayuh taruh di situ
Supaya laju perahumu itu
Sudahlah hasil kayu dan ayar
Angkatlah pula sauh dan layar
Pada beras bekal jantanlah taksir
Niscaya sempurna jalan yang kabir
Karya: Hamzah Fansuri