Jumat, 26 Maret 2021

Contoh RPP K13 Bahasa Indonesia Materi Pokok : Puisi Rakyat


Halo gaes, bertemu lagi dengan mimin ganteng yang kali ini akan membagikan sebuah contoh Rencana Pembelajaran yang mungkin kalian membutuhkan. 

dalam pembelajran, memang kita slalu butuh sebuah rencana pembelajaran agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Namun, kebanyakan dari pengajar sering tidak menggunakan RPP nya dengan baik. beberapa kasus ditemui, bahwa RPP hanya sebuah RPP hanya dijadikan sebagai "bahan bawaan" yang dibawa ke dalam kelas. entah itu dibuka atau tidak, yang jelas RPP seharusnya dijadikan sebagai acuan dan pertimbangan untuk mengalokasikan materi dan waktu pembelajaran. 

baiklah, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak contoh di bawah ini



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Sekolah                              :  ...............................

Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indoesia

Kelas/Semester                  :  VII/dua

Materi Pokok                    :  Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan

                                               Puisi Rakyat

Alokasi Waktu                  :  5 Pertemuan (15 JP)

 

A.      Kompetensi Inti (KI)

  KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

  KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

  KI-3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

  KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

 

No.

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

1.

3.10  Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar.

 

3.10.1  Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

3.10.2  Menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun

3.10.3  Melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa serta menelaahnya

3.10.4  Memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa pantun

3.10.5   Mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa

3.10.6.  Mmemperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata, kalimat, ejaan dan

             tanda baca.

2.

4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

4.10.1 Menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah    puisi rakyat (pantun)

4.10.2  Menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi

4.10.3  Menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun

 

 

B.       Tujuan Pembelajaran

 

3.10.1  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik

            dapat menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

3.10.2  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun

3.10.3  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat melengkapi puisi rakyat (pantun) sesuai struktur dan kaidah bahasa

            serta menelaahnya

3.10.4  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat memvariasikan beragam pola pengembangan puisi rakyat berupa

            pantun

3.10.5  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) peserta didik

            dapat mengomentari puisi rakyat dari segi struktur dan bahasa

3.10.6. Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat memperbaiki kesalahan dari segi isi, syarat pantun, penggunaan kata,

            kalimat, ejaan dan  tanda baca.

4.10.1 Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik dapat menulis puisi rakyat dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur, dan kaidah    puisi rakyat (pantun)

4.10.2 Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk  musikalisasi

4.10,3  Melalui membaca puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam)  peserta didik

            dapat menyajikan pantun dalam bentuk berbalas pantun

 

C.      Materi Pembelajaran

 

1.        Pola pengembangan pantun

2.        Struktur puisi rakyat

3.        Karakteristik tiap bagian puisi rakyat

4.        Cara melengkapi puisi rakyat

5.        Variasi puisi rakyat dari segi kalimat yang digunakan

6.        Penggunaan kata/ kalimat pada puisi rakyat (pantun)

7.        Menelaah struktur puisi rakyat

8.        Melengkapi struktur puisi rakyat (melengkapi bagian identifikasi/ gambaran umum, deskripsi bagian)

9.        Memvariasikan beragam puisi rakyat (pantun)

10.    Membuat telaah ketepatan struktur, syarat pantun, dan penggunaan bahasa pada puisi rakyat

 

D.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran

 

1.        Pendekatan   : Saintifik

2.        Model           : Sintak 5 M (Discovery Learning)

3.        Metode         : Diskusi/kerja kelompok/ Berpasangan, Pemberian tugas, Tanya jawab

E.       Sumber Belajar

 

·      Harsiati, Titik, Trianto, Agus, Kosasih. Bahasa Indonesia Edisi Revisi untuk SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Halaman 165-192).

·      Media massa (Koran dan majalah), video, dan Internet

 

F.       Media Pembelajaran

Model       : Contoh  puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)

Gambar    : Video baca puisi dan musikalisasi puisi

      

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

1.        Pertemuan ke-1

a.        Pendahuluan  (10  menit )

1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.

3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran pengembangan isi pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.

4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menentukan pengembangan isi pantun dan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.

5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.

 

b.        Kegiatan inti (100 menit)

1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 166-169)

2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang pola pengembangan isi puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).

3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu  pola pengembangan isi pantun, prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah dan bahasa pantun.

4.        Peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan pola pengembangan isi  puisi pantun, prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.

5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara

bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

 

c.         Penutup (10 menit)

1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan pola pengembangan isi  puisi pantun prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun.

2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:

a.    Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?

b.    Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?

c.    Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran pola pengembangan isi  pantun, prinsip penggunaan kata/istilah pada pantun dan, struktur kaidah bahasa pantun.

5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh pantun di majalah, koran, atau di buku.

6.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

 

2.        Pertemuan ke-2

a.        Pendahuluan  (10  menit )

1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.

3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran variasi pola pengembangan pantun, komentar pantun dan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.

4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.

5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.

b.        Kegiatan inti (100 menit)

1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 179-183)

2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang  struktur  puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).

3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.

4.        Peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan  variasi pola pengembangan pantun, komentar pantundan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.

5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.    Penutup (10 menit)

1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkanstruktur puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).

2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:

a. Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?

b.  Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?

c. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran variasi pola pengembangan pantun, komentar pantu ndan, perbaiakan kesalhan penulisan pantun dari segi isi, syarat pantun, penggunan kata/kalimat, ejaan dan tanda baca.

5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh   puisi rakyat (pantun,syair, gurindam). di majalah, koran, atau di buku.

6.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

 

         3. Pertemuan ke-3

b.        Pendahuluan  (10  menit )

1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.

3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.

4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.

5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

6.         Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.

b.         Kegiatan inti (100 menit)

1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 180-186)

2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).

3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu telaah kebahasaan syair dan gurindam

4.        peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.

5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan  kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.         Penutup (10 menit)

1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan kebahsaan syair dan gurindam..

2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:

a.     Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah

      dilakukan ?

c.         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?

d.        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

3.         Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

4.         Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan, kaidah pantun.Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh syair dan gurindam di majalah, koran, atau di buku.

5.         Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

 

4.    Pertemuan ke- 4

a.        Pendahuluan  (10  menit )

1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.

3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.

4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.

5.        Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.

b.      Kegiatan inti (100 menit)

1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 hal. 186-189)

2.        Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang telaah kebahasaan puisi rakyat (pantun,syair, gurindam).

3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu musikalisasi syair/gurindam

4.        peserta didik secara berkelompok  mendiskusikan menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.

5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi secara kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar.

c.         Penutup (10 menit)

1.        Peserta didik bersama guru menyimpulkan musikalisasi syair/gurindam.

2.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:

a.    Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?

b.    Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?

c.    Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

3.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

4.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi.

5.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh musikalisasi syair/ gurindam di majalah, koran, atau di buku kumpulan nyanyian.

6.         Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

 

5.  Pertemuan ke- 5

a.      pendahuluan  (10  menit )

1.        Peserta didik disiapkan secara fisik dan psikis untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.

2.        Memotivasi peserta didik dengan menyanyikan lagu “Injit-injit semut”.

3.        Melakukan apersepsi dengan mengamati puisi rakyat (pantun,syair, gurindam) untuk melakukan tanya jawab dan merangsang peserta didik dalam pembelajaran berbalas pantun

4.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu  berbalas pantun.

5.        .Peserta didik menerima penyampaian garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

6.        Peserta didik menerima penyampaikan lingkup penilaian  pembelajaran yang akan dilakukan.

b.      Kegiatan inti (100 menit)

1.        Peserta didik membaca puisi rakyat (buku Paket BI. kelas 7 (hal. 189-191)

2.         Peserta didik  membangun konteks dengan bertanya jawab tentang berbalas pantun dan syair

3.        Peserta didik dipandu guru mengamati  kompetensi yang akan dicapai, yaitu berbalas pantun

4.        peserta didik secara berkelompok berdiskusi menentukan kelompok pasangan berbalas pantun

5.        Peserta didik menyajikan hasil diskusi kelompok di depan kelas secara bergantian dan kelompok lain memberi tanggapan atau komentar

c. Penutup (10 menit)

1.        Melakukan refleksi atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut:

b.        Apa manfaat yang diperoleh melalui pembelajaran yang telah dilakukan ?

c.         Apa rencana tindak lanjut yang akan kalian lakukan ?

d.        Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya ?

2.        Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran pada hari itu.

3.        Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran berbalas pantun.

4.        Peserta didik menerima tugas dari guru mencari contoh berbalas pantun dan syair di majalah, koran, atau di buku kumpulan pantun dan syair.

5.        Peserta didik menerima penyampian guru tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya berdasarkan pengalaman yang paling mengesankan.

 

H.      Penilaian

1.      Teknik Penilaian

a.       Penilaian sikap  sosial dilakukan dengan teknik observasi/ jurnal.

b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.

c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

 

 

2.        Instrumen Penilaian

Pertemun ke- 1

a.      Instrumen jurnal

 

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

Nama Sekolah      : ................................

Kelas/Semester     : VII/2

Tahun pelajaran    : 201 .. /201...

 

‘No

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.        Instrumen Penilaian

Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur.

 

JURNAL MEBACA

 

Nama/kelas         :

Judul Buku         :

Pengarang           :

Terbitan              :

Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..

 

Tanggal baca

Ringkasan isi

Komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.          Instrumen Uraian

       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik/Bentuk

Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar

·      Pola  pengembangan pantun

 

 

·      Penggunaan kata/kalimat pada pantun

 

 

·      Melengkapi pantun sesuai struktur kaidah bahasa

·    Disajikan 1 bait pantun, siswa dapat menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

·       Disajikan 1 bait pantun, siswa dapat menyimpulkan prinsip penggunaan kata/ kalimat pada pantun

·       Disajikan 1 bait pantun yang rumpang, siswa dapat melengkapi pantun sesuai dengan struktur kaidah bahasa

Tertulis/ uraian

 

 

 

 

 

 

     

Instrumen Penilaian uraian

·         Sebutkan cara pengembangan isi pantu!

·         Simpulkan prinsip penggunaan kata/kalimat pada pantun

 

Rubrik penilaian uraian

 

1.     Menyimpulkan variasi pola pengembangan isi pantun

4

3

2

1

a.    Sswa menyebutkan pola pengembangan isi pantun dengan benar dan lengkap

b.    Sswa menyebutkan pola pengembangan isi pantun dengan benar dan dan kurang lengkap

c.    Sswa menyebutkan pola pengembangan isi pantun tidak benar

d.    Sswa tidak menyebutkan pola pengembangan isi pantun sama sekali

 

 

 

 

2.     Penggunaan kata/ kalimat pada pantun

 

 

 

 

a.         Siswa menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan  tepat

b.        Siswa menggunakan kata/kalimat pada pantun dengan  kurang tepat

c.         Siswa menggunakan kata/kalimat pada pantun tidak tepat

d.         Siswa tidak menggunakan kata/kalimat pada pantun sama sekali

 

 

 

 

3.    Melengkapi pantun yang rumpang

 

 

 

 

a.             Siswa melengkapi pantun yang rumpang dengan benar

b.            Siswa melengkapi pantun yang rumpang kurang benar

c.             Siswa melengkapi pantun yang rumpang tidak benar

d.            Siswa tidak melengkapi pantun yang rumpang sama sekali

 

 

 

 

 

Penskoran

4= jika terdapat semua unsur

3= jika terdapat 3 unsur

2= jika terdapat 2 unsur

1= jika terdapat 1 unsur

 

penskoran

                        Skor yang diperoleh

Skorakhir ………………………………… X 100

                        Dibagi skor maksimal

 

 

 

 

Pertemuan ke-2

a.        Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

Nama Sekolah      : ........................

Kelas/Semester     : VII/2

Tahun pelajaran    : 201../201...

 

‘No

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b. Instrumen Penilaian jurnal

Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur.

 

JURNAL MEBACA

 

Nama/kelas         :

Judul Buku         :

Pengarang           :

Terbitan              :

Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..

 

Tanggal baca

Ringkasan isi

Komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Instrumen uraian

Kisi-kisi Penilaian KD 3.10

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik/Bentuk

Menelaah struktur dan kebahasaan puisi  rakyat (pantun, syair, dan bentuk puisi rakyat setempat) yang dibaca dan didengar

1.        Variasi   pola pengembangan pantun

 

 

2.        Mengomentari pantun dari segi struktur dan bahasa

 

 

3.        Memperbaiki kesalahan pantun dari segi isi/syarat pantun/penggunaan kata/kalimat/ejaan/tanda baca

 

 

·      Disajikan 2 bait pantun secara acak, siswa dapat memvariasi pantun

 

·      Disajikan 2 bait pantun, siswa dapat mengomentari dari segi struktur dan bahasa

 

·      Disajikan 1 bait pantun yang kurang tepat dari segi isi/syarat pantun/penggunaan kata/kalimat/ejaan/tanda baca, siswa dapat memperbaiki kesalahan

Tertulis/ uraian

 

 

 

 

 

 

     

Instrumen Penilaian

·         Tentukan Struktur puisi rakyat (pantun, syair, gurindam)

 

Rubrik penilaian

 

Hal yang dinilai

Memvariasi pola pengembangan pantun

memvariasi

4

3

2

1

a.   Bagian sampiran pantun

·              Rima silang pada larik 1 dan 2

·              si kalimat dalam sampiran logis

·              Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

·              Tidak berkaitan langsung dengan isi pantun

Bagian isi pantun

·         Rima silang pada larik 3 dan 4

·         Isi kalimat logis

·         Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

·           Tidak berkaitan langsung dengan isi sampiran

 

 

 

 

Hal yang dinilai

Mengomentari pantun dari segi struktur dan bahasa

4

3

2

1

b.   Bagian sampiran pantun

·              Rima silang pada larik 1 dan 2

·              si kalimat dalam sampiran logis

·              Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

·              Tidak berkaitan langsung dengan isi pantun

Bagian isi pantun

·         Rima silang pada larik 3 dan 4

·         Isi kalimat logis

·         Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

Tidak berkaitan langsung dengan isi sampiran

 

 

 

 

 

Hal yang dinilai

Memperbaiki pantun dari segi struktur dan bahasa

 

4

3

2

1

c.   Bagian sampiran pantun

·              Rima silang pada larik 1 dan 2

·              si kalimat dalam sampiran logis

·              Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

·              Tidak berkaitan langsung dengan isi pantun

Bagian isi pantun

·         Rima silang pada larik 3 dan 4

·         Isi kalimat logis

·         Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

Tidak berkaitan langsung dengan isi sampiran

 

 

 

 

 

Penskoran

4= jika terdapat semua unsur

3= jika terdapat 3 unsur

2= jika terdapat 2 unsur

1= jika terdapat 1 unsur

 

penskoran

                        Skor yang diperoleh

Skorakhir ………………………………… X 100

                        Dibagi skor maksimal

 

Pertemuan ke-3

a.Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

Nama Sekolah      : ...................

Kelas/Semester     : VII/2

Tahun pelajaran    : 201../201..

 

‘No

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Instrumen Penilaian jurnal

Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur.

 

JURNAL MEBACA

 

Nama/kelas         :

Judul Buku         :

Pengarang           :

Terbitan              :

Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..

 

Tanggal baca

Ringkasan isi

Komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.         Instrumen uraian

       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik/Bentuk

4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

·      Menulis pantun dengan memperhatikan pilihan kata, kelengkapan struktur dan kaidah puisi rakyat

 

·      Disajikan contoh 2 bait pantun dari objek sekitar, siswa dapat menulis pantun sesuai objek alam yang diamati

 

 

 

Tertulis/ uraian

 

 

 

 

 

 

     

Instrumen Penilaian

Buatlah 1 bait pantun dari pengamatan objek sekitar !

 

Rubrik penilaian

 

Hal yang dinilai

4

3

2

1

·         Tema berkaitan dengan hal-hal yang positif

·         Tema sesuai dengan yang ditentukan

·          Isi sampiran pantun tidak mencontoh yang pernah ada

·         Pola pengembangan larik tidak mencontoh yang ada

(bobot 1)

 

 

 

 

 

Bagian sampiran pantun

    Rima silang pada larik 1 dan 2

    Isi kalimat dalam sampiran logis

    Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

    Tidak berkaitan langsung dengan isi pantun

(bobot 2)

 

 

 

 

 

 

Bagian isi pantun

    Rima silang pada larik 3 dan 4

    Isi kalimat logis

    Struktur kalimat sesuai dengan kaidah

    Tidak berkaitan langsung dengan isi sampiran

(bobot 2)

 

 

 

 

Penskoran

4= jika terdapat semua unsur

3= jika terdapat 3 unsur

2= jika terdapat 2 unsur

1= jika terdapat 1 unsur

 

 

penskoran

                        Skor yang diperoleh

Skorakhir ………………………………… X 100

                        Dibagi skor maksimal

 

Pertemuan ke-4

a.Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

Nama Sekolah      : .................................

Kelas/Semester     : VII/2

Tahun pelajaran    : 201../201....

 

‘No

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Instrumen Penilaian jurnal

Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur.

 


 

JURNAL MEBACA

 

Nama/kelas         :

Judul Buku         :

Pengarang           :

Terbitan              :

Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..

 

Tanggal baca

Ringkasan isi

Komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c. Instrumen uraian

Kisi-kisi Penilaian KD 3.10

 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Teknik/Bentuk

4.10 Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

·      Menyajikan syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi

 

·      Disajikan 1 contoh , syair dan gurindam dalam bentuk musikalisasi, siswa dapat mempraktekkannya di depan kelas

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

     

Instrumen Penilaian

Peragakanlah musikalisasi syair, gurindam secara kelompok di depan kelas!

Rubrik penilaian

 

Hal yang dinilai

4

3

2

1

·         Pilihan nda/irama dengan isi syair/ gurindam

·         Nada diciptakan secara orisinal/mengadaptasi

·         Penampilan tim dalam musikalisasi

·         Volume suara memadai

(bobot 1) 

 

 

 

 

 

Penskoran

4= jika terdapat semua unsur

3= jika terdapat 3 unsur

2= jika terdapat 2 unsur

1= jika terdapat 1 unsur

 

 

 

penskoran

                        Skor yang diperoleh

Skorakhir ………………………………… X 100

                        Dibagi skor maksimal

Pertemuan ke-5

a.Instrumen jurnal

Jurnal Perkembangan Sikap Sosial

Nama Sekolah      : ....................................

Kelas/Semester     : VII/2

Tahun pelajaran    : 201../201..

 

‘No

Waktu

Nama

Siswa

Catatan Perilaku

Butir Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

b.Instrumen Penilaian

Bacalah puisi rakyat (pantun, syair, dan gurindam) minimal satu buah. Hasil bacaanmu tuangkan pada jurnal harian kamu membaca. Kamu bisa mencatatkan jam kamu membaca secara jujur.

 

JURNAL MEMBACA

 

Nama/kelas         :

Judul Buku         :

Pengarang           :

Terbitan              :

Waktu baca        : tanggal………………………..sampai…………………………..

 

Tanggal baca

Ringkasan isi

Komentar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

d.        Instrumen uraian

       Kisi-kisi Penilaian KD 3.10

Kompetensi Dasa

Materi

Indikator Soal

Teknik/Bentuk

4.10  Mengungkapkan gagasan, perasaan, pesan dalam bentuk puisi  rakyat secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, rima, dan penggunaan bahasa

·      Berbalas pantun

·      Disajikan 1 contoh pantun berbalasan, siswa dapat membuat pantun berbalasan sendiri secara kelompok dan mempraktekkannya di depan kelas

 

 

 

Unjuk kerja

 

 

 

 

 

 

     

Instrumen Penilaian

Buatlah pantun berbalasan dengan pasangan kelompok yang dipilih!

 

Rubrik penilaian

 

Hal yang dinilai

4

3

2

1

·         Kekompakan kelompok

·         Kecepatan membalas pantun

·         Kecepatan memilih sampiran dan isi pantun

·         Variasi pemilihan kata

·         Vocal (pelafalan dan intonasi)

·         Gaya yang ditampilkan

(bobot 1) 

 

 

 

 

Penskoran

4= jika terdapat semua unsur

3= jika terdapat 3 unsur

2= jika terdapat 2 unsur

1= jika terdapat 1 unsur

penskoran

                        Skor yang diperoleh

Skorakhir ………………………………… X 100

                        Dibagi skor maksimal

Refleksi Perasaan

       Pengalaman apa yang kamu dapatkan dalam proses pembelajaran hari ini?

       Tulislah kesulitan yang kamu hadapi dalam membaca dan mencipta puisi rakyat (pantun, syair dan, gurindam)

       Sebutkan upaya apa yang bisa ditempuh untuk mengatasi kesulitanmu!

       Nilai-nilai kehidupan apa yang bisa kamu petik dalam proses pembelajaran hari ini!

       Berikan tanda centang (v) pada simbol di bawah ini yang paling mewakili perasaanmu setalah proses pembelajaran hari ini

 

1.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Pembelajaran Remedial

Remedial dilakukan dengan pembelajaran ulang dan bimbingan perorangan

·         Pembelajaran ulang

Pembelajaran materi yang belum dikuasai peserta didik.

·         Bimbingan perorangan


 

b.         Pembelajaran Pengayaan

Diberikan kepada peserta didik yang sudah menguasai materi

 

 

 

 

......................., .... Jauari 2018

Mengetahui

Kepala

 

 

 

   ..................................................................

NIP. .........................................

 

Guru Mapel Bhs Indonesia

 

 

 

                

 

NIP. .............................................

 

 

 

 

1.  Pantun

NO

PANTUN NENEK MOYANG

NO

PANTUN BARU

1

Air surut memungut bayam,

Sayur diisi ke dalam kantung;

Jangan diikuti tabiat ayam,

Bertelur sebiji riuh sekampung.

 

 

Pergi melaut membawa jala,

Jala ditebar sambil mengingat;

Meski hidup banyak kendala,

Haruslah kita slalu semangat.

 

2

Baik bergalas baik tidak,

Buli-buli bertali benang;

Baik berbalas baik tidak,

Asal budi sama dikenang.

 

 

Enak rasanya bubur yang hangat,

Enak dimakan bersama kerupuk;

Hidup memang harus semangat,

Janganlah mudah kita terpuruk.

3

Ikan nila dimakan berang-berang,

Katak hijau melompat ke kiri;

Jika berada di rantau orang,

Baik-baik membawa diri.

 

 

Kota Sampit di Kalimantan,

Kota Makasar di Sulawesi;

Teruslah berusaha jadi teladan,

Raihlah cita raih prestasi.

 

4

Akar keladi melilit selasih,

Selasih tumbuh di hujung taman;

kalungan budi junjungan kasih,

Mesra kenangan sepanjang zaman.

 

 

Penghasil batik di Yogyakarta,

Kalaulah Brebes penghasil beras;

Berusaha terus mengajar cita,

Sambil berdoa dan kerja keras.

 

 

2. Gurindam

Jika hendak mengenal orang mulia,                Apabila dengki sudah bertanah,

lihatlah kepada kelakuan dia               datanglah darinya beberapa anak panah.

 

Jika hendak bertanya dan belajar tiadalah jemu           Mengumpat dan memuji hendaklah pikir,

mengenal orang yang berilmu,                                      di situlah banyak orang yang tergelincir

 

Jika hendak mengenal orang yang berakal,                  Pekerjaan marah jangan dibela

di dalam dunia mengambil bekal                                nanti hilang akal di kepala.

 

 

3.    Syair

Syair perahu

Inilah gerangan suatu madah

Mengarangkan syair terlalu indah

Membetuli jalan tempat berpindah

Di sanalah iktikat diperbetuli sudah

 

Wahai muda kenali dirimu

Ialah perahu tamsil hidupmu

Tiadalah berapa lama hidupmu

Ke akhirat jua kekal hidupmu

 

Hai muda arif budiman

Hasilkan kemudi dengan pedoman

Alat perahumu jua kerjakan

Itulah jalan membetuli insan

 

Perteguh jua alat perahumu

Hasilkan bekal air dan kayu

Dayung pengayuh taruh di situ

Supaya laju perahumu itu

 

Sudahlah hasil kayu dan ayar

Angkatlah pula sauh dan layar

Pada beras bekal jantanlah taksir

Niscaya sempurna jalan yang kabir

 

Karya: Hamzah Fansuri


Contoh Soal teks Berita - Teks Deskripsi | Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

 

PILIHLAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR

Indonesia berada dalam status darurat narkoba. Menurut data yang dirilis Badan Narkotika Nasional (BNN) ada lebih dari lima juga pencandu narkoba di negeri ini. Angka yang memprihatinkan. Terlebih mayoritas pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja.

1.       Pernyataan yang sesuai untuk teks berita diatas adalah….

A. Indonesia adalah negara yang mayoritas penduduknya mengonsumsi narkoba.

B. Narkoba adalah sesuatu yang biasa bagi warga Indonesia.

C. Mayoritas pengguna narkoba di Indonesia adalah remaja

D. Pencandu narkoba di Indonesia mencapai seratus juta jiwa

2.       Teks berita diatas dimulai dengan unsur berita….

A. siapa                            B. apa                            C. kapan                            D. bagaimana

3.       Unsur yang tidak terdapat dalam teks berita di atas adalah …

A. siapa                            B. kapan                        C. dimana                           D. mengapa

Bacalah terks berikut!

            Pertambahan penduduk dan perekembangan industri di wilayah perkotaan memengaruhi permintaan lahan yang kian meningkat. Disisi lain, diperlukan lahan kosong yang dapat dimanfaatkan sebagai daerah resapan untuk menghindari banjir serta penyediaan hutan kota. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan antara luas lahan tersisa dengan kebutuhan. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat akan sulit tercapai.

4.       Simpulan teks berita tersebut adalah …

A.   kesejahteraan masyarakat sulit tercapai apabila pemerintah tidak hendak memenuhi kebutuhan terhadapa lahan.

B.   Ketidakseimbangan persediaan dan kebutuhan lahan menyebabkan ketimpangan sosial masyarakat diwilayah perkotaan.

C.   Kesejahteraan masyarakat dipengaruhi keseimbangan persediaan lahan dengan kebutuhan lahan diberbagai sektor

D.   Kebutuhan lahan dalam sektor kependudukan dan industri semakin mempersempit persediaan lahan dalam sektor pertanian.

5.       Berikut yang bukan merupakan struktur teks berita adalah.…
A. Sumber berita               B. orientasi                    C. Peristiwa                        D. simpulan

6.       Orang yang memberikan informasi dalam berita disebut …

A. pewawancara               B. narasumber               C. penyiar                          D. cameramen

7.       Berita yang disajikan baiknya memiliki karakteristik,  di bawah ini yang bukan karakteristik berita adalah …

A. aktual                          B. faktual                      C. menarik                         D. rapih

8.       Teks iklan merupakan media komunikasi yang biasanya dapat dilihat di …

A. Jurnal ilmiah                B. Teks laporan              C. Teks berita                     D. Surat kabar

9.       Bahasa teks iklan selalu menggugah pembaca atau pendengarnya. Jadi,bahasa teks iklan bersifat …

A. naratif                          B. ekspositoris               C. persuasif                        D. deskriptif

10.   Slogan yang cocok untuk pelajar adalah …

A. Aku mau hidup selama-lamanya                        

B. Tidak ada yang lebih penting selain ibu

C. Belajar hari ini untuk hidup seribu tahun dimasa depan

D. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan

Bacalah ilustrasi berikut ini dengan seksama !

Sebuah rumah mewah dibukit Baruga Antang akan dijual dengan harga Rp 1,5 miliar. Rumah  tersebut terdiri atas empat kamar tidur dan dua kamar mandi. Luas tanah 2 hektare. Bagi yang berminat, silahkan menghubungi nomor telepon 5772345

11.    Kalimat iklan baris yang paling efektif dan sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...

A.   Dijual rumah Bukit Baruga Antang, harga Rp 1,5 M, 4 KT, 2 KM, LT 2 Ha, hub 5772345

B.   Dijual rumah di Bukit Baruga Antang, hrg Rp 1,5 M, LT 2 Ha, Hub.5772345.

C.   Dijual rumah mewah, hrg. Rp 1,5 M, 4 KT, 2 KM, LT 2 Ha. Jika anda berminat hubungi langsung.

D.   Dijual sebuah rumah dgn hrg Rp 1,5 M, terdapat 4 kamar tidur, 2 kamar mandi. Dijamin puas. Segera hubungi 5772345.

12.   Lanjutkan iklan di bawah ini!

Ayo hemat energy, matikan lampu jika tidak digunakan. Hemat energi

A.   Boros biaya                 B   hemat biaya               C. bumi merana                  D. manusia menderita

13.   Maksud dari iklan tersebut adalah …

A.   Manusia akan menderita jika tidak menghemat energi karena penggunaan energi berlebih menyebabkan pemanasan global

B.   Manusia diimbau untuk menghemat energi dengan menggunakan listrik seperlunya sehingga dapat menghemat biaya pemakaian

C.   Orang yang tidak menghemat energi cenderung menggunakan listrik secara berlebihan sehingga biaya yang dikeluarkan banyak

D.   Menggunakan listrik dengan hemat dapat menggurangi biaya pengeluaran sehingga sisa uang dapat ditabung untuk keperluan masa depan

Cermatilah ilustrasi berikut untuk menjawab soal nomor 9 dan 10 !

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, SMP Gemilang Mandiri melaksanakan  kegiatan :”;Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar “ dilingkungan sekolah selama bulan Oktober. Seluruh warga sekolah dan tamu yang datang kesekolah wajib menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

14.   Kalimat Poster yang sesuai dengan ilustrasi kegiatan tersebut adalah ...

A.   Pergunakan Bahasa Indonesia yang Benar disetiap tempat

B.   Bahasa Indonesia Lambang Bangsa yang Berbudaya

C.   Dengan Berbahasa Indonesia yang Baik dan Benar , Kita jalin komunikasi yang Harmonis

D.   Bahasa Indonesia sudah digunakan bangsa Indonesia berpuluh-puluh tahun yang lalu

15.   Untuk membudayakan gemar membaca, sekolah mengadakan lomba membuat sinopsis buku fiksi dan membuat rangkuman buku nonfiksi. Agar memacu motivasi peserta, panitia membuat slogan. Slogan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …

A. Membaca untuk mengisi waktu                           C. Pengetahuan diperoleh dari membaca

B. Membaca itu sangan penting                               D. Sinopsis dilombakan, membaca dibudidayakan

16.   Berikut adalah Perbedaan Slogan dan Poster yang tepat adalah …

Poster                                           Slogan

A.  

Kalimatnya pendek          

kalimatnya panjang

B.

Kalimat persuasif                       

kalimat instruktif

C.

Bergambar        

tidak bergambar

D.

Puitis   

tidak puitis

 

17.   Pahami kutipan teks berikut!

Sejarah memang telah membuktikan bahwa konflik selalu menimbulkan hal-hal negatif. Lihat saja perang dunia I, perang dunia II yang kemudian dilanjutkan perang dingin. Kesemuanya muncul akibat adanya konflik. Dalam teks Eksposisi, kutipan teks diatas lebih tepat jika dimasukkan dalam bagian …

A.   Penyataan umum          B. Argumentasi             C. Penegasan ulang             D. Orientasi

18.   Umumnya dilengkapi gambar, foto, atau ilustrasi merupakan ciri …

A. Iklan                            B. Slogan                       C. Poster                            D. Berita

19.   Buanglah sampah pada tempatnya, kalimat tersebut merupakan …

A. Poster                           B. Slogan                       C. Iklan                              D. Berita

20.   Bacalah pragraf berikut dengan seksama!

Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang harus benar-benar dijaga kebersihannya. Kotoran yang dibiarkan menumpuk ditelinga dapat mempengaruhi kualitas pendengaran seseorang. Selain itu, jika kotoran ditelinga tidak segera dibersihkan, kotoran tersebut akan jadi keras dan menimbulkan rasa sakit.

Gasasan utama paragraf tersebut adalah …

A.   kebersihan telinga harus benar-benar dijaga         C. kotoran ditelinga bisa menimbulkan rasa sakit

B.   jangan biarkan kotoran menumpuk ditelinga        D. telinga merupan organ tubuh yang amat penting

21.   Berikut yang merupakan pernyataan umum atau tesis dalam sebuah teks eksposisi adalah kalimat …

A. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting

B. Masalah kesejahteraan guru menjadi salah satu masalah pendidikan Indonesia

C. Jika dibandingkan dengan Negara lain, Pendidikan di Indonesia biasa dikatakan sangat tertinggal

D. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa dengan pendidikan yang seadanya

Cermati bacaan di bawah ini!

Hal yang harus diwaspadai oleh para guru dan orangtua adalah acara apa yang ditonton anak ditelevisi, bukan berapa lama anak menonton televisi. Namun, kecenderungan yang ada justru sebaliknya. Orangtua jarang memperhatikan dengan serius apa yang ditonton anak-anak dan lebih sering melarang anak-anaknya agar tidak menonton televisi terlalu lama karena bisa mengganggu jam belajar mereka.

22.   Hal yang diinformasikan pada teks diatas adalah …

A. tindakan yang perlu dilakunan orangtua dan guru

B. tayangan televisi yang tidak sesuai dengan usia anak

C. jam belajar dan jam menonton yang harus seimbang

D. tayangan-tayangan yang sebaiknya ditonton oleh anak

23.   Fakta yang disampaikan pada teks eksposisi berguna untuk….

A. menyimpulkaan isi                                             C. memunculkan imajinasi

B. memperkuat pendapat                                        D. memberikan pesan

24.   Bacalah puisi berikut!
Perpisahan
Akhirnya peluit pun dibunyikan
Buat penghabisan kali kugenggam jarimu
Lewat celah kaca jendela
Lalu perlahan-lahan jarak antar kita
Mengembang jua
Dan tinggallah rel-rel, peron dan lampu
Yang menggigil di angin senja
Baris ke-6 dan ke-7 puisi tersebut menggunakan majas…………...
A. Personifikasi     C.         Litotes
B. Metafora           D.        Asosiasi

       Bacalah puisi berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal-soal berikut!
......
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat

       ………

25.   Tema puisi tersebut adalah ...
A. Persahabatan                B. Kelelahan                  C. Perdamaian                         D. Kepercayaan

Nonton FIlm | Nonton Film Kong- Skull Island (2017) Subtitle Indonesia tanpa iklan


 

Kong: Skull Island adalah film monster fiksi ilmiah Amerika 2017 yang disutradarai oleh Jordan Vogt-Roberts . Ini adalah reboot [5] [6] dari franchise King Kong dan berfungsi sebagai film kedua di Legendary 's MonsterVerse . Film ini dibintangi oleh Tom Hiddleston , Samuel L.Jackson , John Goodman , Brie Larson , Jing Tian , Toby Kebbell , John Ortiz , Corey Hawkins , Jason Mitchell , Shea Whigham ,Thomas Mann , Notaris Terry , dan John C. Reilly . Dalam film yang berlatar tahun 1973, tim ilmuwan dan tentara Perang Vietnam melakukan perjalanan ke Pulau Tengkorak yang belum dipetakan dan bertemu dengan Kong yang perkasa, kera raksasa yang merupakan spesies terakhirnya, diikuti oleh makhluk menakutkan lainnya.

nonton langsung, : 

atau download langsung : DISINI

subtitle : klik disini 

Lihat juga : SONIC Hedgehog 20 | Pacific Rim 2 REROUNI KENSHIN 

Film ini diumumkan pada Juli 2014 di San Diego Comic-Con , dan Vogt-Roberts diumumkan sebagai sutradaranya pada September 2014. Proyek ini awalnya dimulai di Universal Pictures sebagai cerita asal tetapi kemudian dipindahkan ke Warner Bros. untuk mengembangkan cerita bersama alam semesta sinematik yang menampilkan Godzilla dan Kong. Fotografi utama dimulai pada Oktober 2015 di Hawaii dan berbagai lokasi di sekitar Vietnam dan berakhir pada Maret 2016.

Kong: Skull Island secara teatrikal dirilis pada 10 Maret 2017, mendapat ulasan positif dari para kritikus, dengan pujian untuk efek visual, aksi, dan pertunjukannya, terutama Jackson dan Reilly. Itu juga sukses box office, meraup $ 566 juta di seluruh dunia. [7] [8] Film ini menerima nominasi Efek Visual Terbaik di Academy Awards ke - 90 . Sekuelnya, Godzilla vs. Kong , dirilis pada 24 Maret 2021.