Kamis, 01 Maret 2012


...sambungan dari hal 3
Sastra dan Manusia
LO-ornament-2658271) Sastra dan manusia merupakan bentuk kesatuan yang sulit terpisahkan. Hal ini disebabkan karena sastra berisi tentang manusia dan kehidupannya. Kehidupan sastra adalah kehidupan manusia di mana manusia beragam yang akan melahirkan suatu persoalan dalam kehidupan. Sehingga dalam hubungan sasta dengan manusia dapat mewujudkan suatu wadah menuju kedewasaan dalam mengambil kebijakan terhadap persoalan yang telah dihadapinya. Karena manusia tidak lepas dari rasa takut, malu, dan mudah putus asa disetiap menghadapi sesuatu, padahal itu tidak perlu untuk dilakukan pada diri manusia. Misalnya : manusia dapat mengkritik kehidupannya dengan menempatkan sastra sebagai alat. Hal ini karena karya sastra berisi kehidupan manusia yang berupa pengalaman suka, duka dan derita yang telah dialaminya.
Untuk itu sastra perlu dibina dan dilestarikan sebagai wujud rasa tanggungjawab pada diri manusia dan kelanjutan bersastra Indonesa.
Sastra dan Agama
Pada hakekatnya sastra dan agama merupakan muara pada rasa dan jiwa yang selalu memiliki kebersamaan dalam menuju suatu kebenaran disetiap menjalani kehidupan. Akan tetapi hal itu dapat pula menjadikan suatu bumerang apabila setiap manusia yang menjalani berbelok arah dalam muara jiwanya, tak jarang manusia menutup mukanya dengan berbagai kata-kata yang hanya sekedar mendapatkan sanjungan sehingga segala bentuk jiwa yang dimiliki kandas dalam ucapanya.
Maka dalam urusan sastra manusia perlu terlibat langsung pada nilai-nilai kebenaran dengan muara jiwanya. Salah satu contoh dalam agama manusia perlu mempelajari hukum-hukum formal dengan kritis sebagai bentuk pembersihan hati atau jiwa pemeluknya karena dengan adanya hal tersebut merupakan inti agama. Sama halnya dengan sastra, segala bentuk perasaan atau bathin tertulis dalam sebuah kata sebagai kekuatan dalam kebenaran. Sehingga para sastrawan banyak menjelaskan bahwa sastra dan agama satu kesatuan yang mengacu pada jiwa. Untuk itu manusia dalam menciptakan suatu karya sastra perlu mengembangkan kebajikan dan kebijaksanaan karena karya yang ditulis akan di baca oleh masyarakat.
2)Karya sastra perlu memberikan hikmah pada pembaca sehingga akan membawa pencerahan pembaca. Hikmah yang dimaksud berupa nilai dan kearifan yang tinggal di hati. Karya sastra dikatakan bagus bukanlah sekedar kata-katanya yang bagus tapi maknanya bersifat pencerahan. Agar agama dan sastra berjalan dengan beriringan maka manusia perlu melakukan perubahan pola pikir dan sikap dalam dirinya pada jalan kebenaran.
Sastra dan Sosial
1

 
4

 
Sastra merupakan pencerminan masyarakat. Melalui karya sastra sastrawan mengungkapkan problema kehidupan yang dimana pengarang berada di dalamnya.
MC900339982[1]3)Sastra dapat menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu realita sosial. 4)Namun dalam hal ini masih banyak masyarakat yang memandang bahwa karya sastra hanya bersifat khayalan pengarang yang penuh kebohongan sehingga timbul klasifikasi dan diskriminasi. Padahal karya sastra dapat membangun inspirasi pembaca dan juga dapat mengetahui realita kehidupan yang ada. Dalam peranan sastra terhadap kehidupan masyarakat adalah memperhalus nilai keindahan jiwa yang mempunyai makna kebenaran meskipun kata-kata masih perlambangan dan masih perlu pemahaman. Selain itu sastra dapat melestarikan peradaban bangsa serta dapat memanusiakan manusia kedalam tempatnya untuk melakukan kebajikan serta merubah bentuk kepribadiannya.
Sastra tidak hanya melembutkan hati tapi juga menumbuhkan rasa cinta kasih sayang kepada sesama, dan tak kalah pentingnya terhadap sang pencipta. Untuk itu manusia perlu mengembangkan segala pola fikir yang kritis dan melestarikan kehidupan bersastra karena dengan sastra kehidupan bangsa juga akan menuju pintu kebenaran.
“ Ajarkan sastra kepada anak-anakmu agar mereka berani “
(Pesan Sayyidinah Umar Bin Khathab)
Syair Hindun Binti Utbah saat memberi semangat pada tentaranya dalam perang :
Jika kalian maju terus kami peluk,
dan, kami siapkan kasur empuk
Jika kalian mundur,
kami akan berpisah
perpisahan yang tidak akan kenal ramah

1) Antilan Purba. Art Design Publising&Printing; Univ. Medan; Perpustakaan Nasional
2) Sutardji Cholzum Bachri.
    Sumber : Umar Fakhruddin. Developing Islamic Education; Uin. Sunan Kalijaga
3)  SHANON Ahmad. Pengkajian Ilmu Kemanusiaan; Univ. Sains Malaysia
4)  Mhd Darwinsyah Purba,S.Sos.
**Di Susun Oleh Komunitas Mahasiswa Pecinta Sastra (KOMPAS) STKIP PGRI Trenggalek.








LG Kompas2













 





 
 










MC900339982[1]



















































ORANG ARAB, JAWA, AMA AMERIKA
Cerpen Lucu - Ada orang jawa(bejo), orang arab(Hasan), dan orang amerika(Jack). Mereka bertiga naik pesawat bersama-sama. Pada saat setelah makan siang, jack mengeluarkan uang 100 US dollar, digunakan untuk membersihkan mulut, lalu dibuang. Bejo kaget bukan main. "Kenapa kamu buang duit 100 dollarmu itu?" tanya bejo. Jack menjawab," Amerika kan kaya, masih banyak dollar.". Lalu bejo melirik ke Hasan. Hasan mengeluarkan minyak wangi yang masih baru dan penuh, menyemprotkanya ke dada sedikit, lalu dilempar ke luar pesawat. Bejo kaget lagi," Lho!!?? Kenapa kamu buang tuh minyak? kan isinya masih banyak?" tanya bejo. Hasan menjawab," Arab kan kaya, masih banyak minyak! malah bagi orang2 sana, air lebih berharga dari minyak!" jawab Hasan. Lalu bejo tak mau kalah. Dia lempar orang keturunan Betawi disampingnya ke luar pesawat. Kali ini Hasan dan Jack yang jantungnya nyaris copot." Lho!!?? kenapa kamu buang orang betawi tadi?? Kan kasihan?" tanya Hasan. " Tenang aja! Indonesia kaya banget kok! Masih banyak, orang betawi yang hidup disana." Jawab Bejo

LAGU MARS STKIP PGRI TRENGGALEK
Serentak bersama-sama
Mengangkat citra trenggalek
dalam ujung sejarah
Prasasti kita miliki
STKI PPGRI trenggalek dihati

Itu janji pengabdian kita
tri darma perguruan tinggi
Tiada hari tanpa dharma bakti
Setulus hati demi bangsa negeri

Dengan pena berkarya cipta
Dengan pendidikan indonesia berjaya
Almamater bentuk karakter bangsa
Berakhlak mulia berpancasila
Dan undang-undang dasar empat lima

 
TUHAN SANDARAN KU
Karya: Novita T. D. K

Desiran ombak menghantam karang
Menggelegar bergemuruh saling berpautan
Ku bersandar di antara lambaian tangan pantai
Memandang laut lepas tanpa batas
Merasakan sepoinya angin laut
                Saat ku pejamkan mata
                Goresan cahaya masih jauh
MC900311646[1]                Aku yang belum bisa bersandar
                Takut di hantam badai ombak
                Di belenggu oleh kegelapan
Tuhan…….
Ku hanya seorang anak Hawa
Ku ingin kekuatan Iman
Ku ingin dekapan MU
Sampai mata ini benar terbuka
Sampai ku bisa berdiri di satu kaki


MENANTI TIBA
Karya: Aghilia

Jingga birunya
kalbu
sudah terbaca
pada batas cakrawala
semburatnya belum begitu nyata
sempurna
ia belum hadir bersama kata
hanya lewat sudut mata
tak mampu? tak berdaya?
bukan itu sebabnya
ia sengaja biarkan
langit membiru, mengangkasa
hingga tiba waktu bicara
ia kan datang bersama kanvas,
kuas dan cat merah muda
hingga tiba waktu berkata
ia hadir mengucap kalimat sederhana sarat makna
ia akan menyempurnakan kisahnya
dengan mahar surat cintaNYA









Ingin karya anda dimuat dalam buletin ini. Kirimkan karya anda ke email az_liz@ymail.com
Kritik dan saran hubungi : 087 756 595 734
 

2

 



MARI TERTAWA
 
































...Sambungan dari hal 1
yang di adakan Dewan Kesenian kota Blitar dan beberapa budaya – budaya yang menunjukan apresiasi kita sebagai Mahasiswa.
HMP KOMPAS juga sering mengadakan ivent – ivent seperti :
     _  LCP ( Lomba Cipta Puisi ) 
     _ Mengadakan pementasan-pementasan pada bulan bahasa setiap tahunnya
     _  Mengadakan seminar dan juga bedah buku
   Kompas yang telah berdiri selama 3 tahun ini pun, telah mendapat respone positive dari pihak kampus. Terutamanya hampir semua Dosen yang ada di STKIP PGRI TRENGGALEK. Kompas yang berdiri pada tahun 2009-2012 sangat di hargai. Kompas mempunyai peningkatan,  tapi peningkatan ini hanya karena Mahasiswanya mempunyai koordinasi dengan perguruan tinggi lain. Dalam artian kita siap keluar untuk  bergabung dengan perguruan lain. yang  tadinya hanya intern di trenggalek,  tapi di era akhir 2011 kita berkolaborasi. Itu artinya ada peningkatan. Semoga di tahun2 ke depan semakin maju dan sukses.

 
mu atau MU
Karya: Galang Bima Suhastra

Sudut sudut kota bercengkrama
Pada nestapa
Berpeluk erat pada biduk yang sekarat
Dan tak ada wang wong wing
Yang mampu mengeja namaMU
Gelir air kali di pinggir desa sunyi
Membawa sisa jiwa jiwa yang haus fatwa
Jauh dari subuh…
Dan tak ada pula wang wong wing
Yang mampu mengeja mu atau MU
Sementara itu
Gonggongan anjing anjing edan tak bertuhan
Menginjak injak Qur’an, yang mereka anggap kotoran??
Meludahi Hadist,yang mereka anggap kudis??
Lalu siapa yang mampu mengeja dengan benar??
mu atau MU??
mu atau MU??
yang membuat sekarat atau kuat
Menembus Sastra Melalui Kehidupan Individu (Manusia), Agama dan Sosial


   Perbincangan sastra tak bisa dipungkiri menjadi perbincangan menarik untuk dibahas. Hal ini disebabkan begitu banyak persoalan yang muncul sebagai bentuk penggugatan kepada pengarang atau seniman. Sebenarnya kalau kita kaji secara mendalam sastra muncul dalam diri kita semenjak tersentuhnya jiwa kita dalam kehidupan baik secara individual (manusia), agamis, dan sosial. Untuk itu perlu kita pelajari apa sebenarnya hubungan sastra dengan berbagai hal kehidupan.

...Bersambung Ke Hal 4

 
Mlarat atau konglomerat
Bangsat atau hebat
Sesat atau taat
Kumat atau sehat
Kuman atau pembersih badan
Sifat setan atau sifat rohman
bualan atau kejujuran
Hanya lamunan atau impian yang kan terwujudkan
Tak bertuhan atau pembela tuhan??
mu atau MU??
yang membawa perahu menepi di pelabuhan hidup
tempat pemberhentian terakhir
dari pelayaran yang penuh ombak dan gelombang
dan mu atau MU??
yang kan menepikan di pulau surga??
atau di jurang neraka??

















...sambungan dari hal 1
 yang di adakan Dewan Kesenian kota Blitar dan beberapa budaya – budaya yang menunjukan apresiasi kita sebagai Mahasiswa.
HMP KOMPAS juga sering mengadakan ivent – ivent seperti :
     _  LCP ( Lomba Cipta Puisi ) 
     _ Mengadakan pementasan-pementasan pada bulan bahasa setiap tahunnya
     _  Mengadakan seminar dan juga bedah buku
Kompas yang telah berdiri selama 3 tahun ini pun, telah mendapat respone positive dari pihak kampus. Terutamanya hampir semua Dosen yang ada di STKIP PGRI TRENGGALEK. Kompas yang berdiri pada tahun 2009-2012 sangat di hargai. Kompas mempunyai peningkatan,  tapi peningkatan ini hanya karena Mahasiswanya mempunyai koordinasi dengan perguruan tinggi lain. Dalam artian kita siap keluar untuk  bergabung dengan perguruan lain. yang  tadinya hanya intern di trenggalek,  tapi di era akhir 2011 kita berkolaborasi. Itu artinya ada peningkatan. Semoga di tahun2 ke depan semakin maju dan sukses. (Nov.)


 


3

 
 












































Minggu, 09 Oktober 2011

pendafratan PRESIDEN BEM dan WAKIIL PRESIDEN BEM...

Telah dibuka pendaftaran Presiden BEM dan Wakil Presiden Bem pada STKIP PGRI Trenggalek tahun 2011/2012..
acara ini dilaksanakan oleh KPM yang mana dibentuk pada tanggal 5 Oktober 2011.
pendaftaran dibuka tanggal 10 Oktober 2011 s/d 15 Oktober 2011
Syarat :
(1) Mahasiswa STKIP PGRI TRENGGALEK yang masih aktif di semester 3 dan atau 5
(PBSI & PKN)
(2) Sehat Jasmani dan Rohani s
(3) Bebas Miras, Narkoba dan Tindak Kriminal
(4) Berpengalaman dalam Organisasi
(5) Siap menjalankan tugas sebagai Presiden dan Wakil Presiden BEM demi memajukan Civitas Akademika STKIP PGRI Trenggalek
(6) Melengkapi syarat administrasi :
a. Mengisi Formulir Pendaftaran
b. Foto berwarna 3 x 4 dan 4 x 6 @ 3 lembar
c. Fotocopy KTP dan NPM
d. Surat rekomendasi dari KAPRODI dan HMP
e. Biodata diri

Senin, 13 Juni 2011

dihapusnya situs Cinema3satu

Cinema3satu Dihapus - Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan cinema3satu, yaitu blog yang menyediakan tempat download film gratis, baik film gratis Indonesia dan juga film gratis luar negeri. Cinema3satu yang dihosting diserver blogspot tersebut kini sudah ditutup atau tidak bisa lagi dikunjungi. Ada rumor yang beredar di beberapa forum, bahwa ditutupnya blog cinema3satu karena dihapus oleh pihak blogger karena dianggap telah melanggar persyaratan layanan Blogger.

Ketika kita mencoba mengunjungi alamat blog cinema3satu maka akan sekita muncul pesan yang menyatakan blog bersangkutan telah dihapus.

Berikut adalah pesan yang terlihat ketika kita mengunjungi alamat blog cinema3satu:

Blog telah dihapus

Maaf, blog di cinema3satu.blogspot.com telah dihapus. Alamat ini tidak tersedia untuk blog baru.

Apa harusnya blog Anda ada di sini? Bacalah: 'Saya tidak bisa menemukan blog saya di Web, jadi ada di mana?'

Selain blog cinema3satu, blog penyedia download film gratis lainnya yaitu TheHack3r juga tidak bisa dikunjungi seperti biasanya. Ketika mengunjungi situs TheHack3r, maka muncul pesan dari browser bahwa alamat tersebut tidak dapat ditemukan keberadaanya.

Menurut informasi dari facebook TheHack3r, bahwa blog itu juga dihapus oleh pihak blogger karena dianggap telah melanggar konten sesuai dengan persayaraan layanan Blogger yang berlaku.

Sabtu, 04 Juni 2011

kisi -kisi soal

KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Sekolah : SMA Negeri Trenggalek
Kelas : X (SEBELAS)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester : 2
No.
Urut Standart
Kompetensi Kompetensi Dasar Materi Indikator
Soal Bentuk Soal No. Soal
1 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Siswa diminta untuk menentukan simpulan dari bacaan Pilihan Ganda 1
2 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Siswa diminta untuk menentukan yang menjadi dasar penulisan kritik puisi Pilihan Ganda 2
3 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Siswa diminta untuk menentukan kalimat yang menggunakan majas litotes Pilihan Ganda 3
4 Memahami ragam wacana tulis dengan cepat dan membaca intensif Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif - Tajuk rencana atau editorial dalam surat kabar atau majalah
- Fakta
- Opini Disajikan sebuah bacaan, siswa diminta untuk menentukan kalimat yang termasuk opini Pilihan Ganda 4
5 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum - Mendata informasi dari artikel dengan mencantumkan sumbernya
- Memberikan kritik dengan disertai alasan Disajikan sebuah alasan, siswa diminta menentukan kalimat berupa alasan berdasarkan teks Pilihan Ganda 5
6 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Disajikan sebuah penggalan puisi, siswa diminta menentukan citraan yang terdapat dalam puisi Pilihan Ganda 6
7 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
- Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Siswa diminta menentukan cara pengumpulan data yang tepat Pilihan Ganda 7
8 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta untuk menentukan cirri-ciri karya sastra melayu klasik Pilihan Ganda 8
9 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah penggalan hikayat. Siswa diminta menentukan ringkasan hikayat yang tepat menurut bacaan Pilihan Ganda 9
10 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Siswa diminta menentukan hal yang perlu diperhaikan dalam membaca puisi Pilihan Ganda 10
11 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Disajikan sebuah ilustrasi, siswa diminta menentukan topik yang tepat berdasarkan ilustrasi Pilihan Ganda 11
12 Mengungkapkan pengalaman sendiri dan orang lain ke dalam cerpen Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) - Mengembangkan kerangka yang telah dibuat dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar) dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan Disajikan sebuah bacaan, siswa diminta menentukan watak dari tokoh yang ada dalam bacaan Pilihan Ganda 12
13 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Disajikan sebuah penggalan cerpen, siswa diminta untuk menentukan koreksi tanda baca pada kalimat langsung Pilihan Ganda 13
14 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik Artikel dalam media cetak atau internet yang menjadi bahan perdebatan umum - Mendata informasi dari artikel dengan mencantumkan sumbernya
- Memberikan kritik dengan disertai alasan Siswa diminta untuk memberikan alasan
Terhadap argument yang disajikan Pilihan Ganda 14
15 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Siswa diminta menentukan hal yang termasuk ciri-ciri informasi yang baik Pilihan Ganda 15
16 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Disajikan sebuah bacaan, siswa diminta menentukan informasi yang paling tepat dalam bacaan Pilihan Ganda 16
17 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Disajikan sebuah penggalan berita, siswa diminta menentukan inti permasalahan dalam penggalan berita Pilihan Ganda 17
18 Memahami informasi melalui tuturan Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidaklangsung (rekaman atau teks yang dibacakan - Rekaman informan atau teks yang dibacakan
- Pokok-pokok isi informasi
- Simpulan informasi Disajikan sebuah berita, siswa diminta menentukan pokok dari berita Pilihan Ganda 18
19 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta menentukan pengertian dari gurindam Pilihan Ganda 19
20 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah penggalan cerita, siswa diminta untuk menentukan latar dari penggalan cerita tersebut Pilihan Ganda 20
21 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta menentukan ciri-ciri kasusastraan lama Pilihan Ganda 21
22 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta menentukan pernyataan yang tidak tepat Pilihan Ganda 22
23 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah artikel tentang cerita, siswa diminta menentukan menggolongkan cerita Pilihan Ganda 23
24 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan penggalan gurindam, siswa diminta menentukan nasehat yang disampaikan gurindam tersebut Pilihan Ganda 24
25 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah pantun rumpang, siswa diminta menentukan kalimat yang sesuai untuk pantun Pilihan Ganda 25
26 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta menentukan hal yang tidak termasuk unsur intrinsik karya sastra Pilihan Ganda 26
27 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah penggalan hikayat, siswa diminta menentukan hal yang menarik dari hikayat Pilihan Ganda 27
28 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Disajikan sebuah penggalan hikayat, siswa diminta menentukan amanat yang dapat diambil dari hikayat Pilihan Ganda 28
29 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Disajikan sebuah tabel, siswa diminta untuk menentukan pernyataan yang paling sesuai dengan tabel Pilihan Ganda 29
30 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Disajikan sebuah tabel, siswa diminta menentukan rangkuman yang paling tepat dari tabel tersebut Pilihan Ganda 30
31 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Disajikan sebuah tabel, siswa diminta untuk menentukan pernyataan yang paling sesuai dengan tabel Pilihan Ganda 31
32 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Disajikan sebuah tabel, siswa diminta menentukan rangkuman yang paling tepat dari tabel tersebut Pilihan Ganda 32
33 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat - Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Disajikan sebuah wawancara, siswa diminta menentukan pendapat narasumber yang paling tepat Pilihan Ganda 33
34 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat - Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Disajikan teks hasil wawancara, siswa diminta menentukan jenis wawancara berdasarkan teks wawancara Pilihan Ganda 34
35 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat - Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Siswa diminta menentukan kalimat tanya yang paling baik dan tepat untuk wawancara Pilihan Ganda 35
36 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat - Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Disajikan sebuah kalimat, siswa diminta menentukan kalimat tanya yang tepat untuk wawancara berdasarkan kalimat tersebut Pilihan Ganda 36
37 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat - Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Siswa diminta menentukan contoh wawancara jenis personality interview Pilihan Ganda 37
38 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato Menyusun teks pidato - Kalimat pembuka, isi, penutup
- Syarat-syarat topik
- Sumber topik
- Kerangka teks pidato
- Penggunaan bahasa dalam teks pidato Disajikan sebuah kalimat, siswa diminta menentukan isi dari pendahuluan Pilihan Ganda 38
39 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato Menyusun teks pidato - Kalimat pembuka, isi, penutup
- Syarat-syarat topik
- Sumber topik
- Kerangka teks pidato
- Penggunaan bahasa dalam teks pidato Siswa diminta menentukan kriteria pidato yang baik Pilihan Ganda 39
40 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato Menyusun teks pidato - Kalimat pembuka, isi, penutup
- Syarat-syarat topik
- Sumber topik
- Kerangka teks pidato
- Penggunaan bahasa dalam teks pidato Siswa diminta menentukan aspek yang harus diperhatikan saat berpidato Pilihan Ganda 40
41 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Siswa diminta untuk menentukan macam-macam tabel Uraian 1
42 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
- Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Siswa dimiminta menentukan definisi Man In The Street Interview Uraian 2
43 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Siswa diminta membuat sebuah puisi dengan pencitraan/pengindraan penglihatan Uraian 3
44 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Siswa diminta menyebut dan menjelaskan unsure intrinsic dalam puisi Uraian 4
45 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Siswa diminta menentukan definisi tehnik membaca scanning Uraian 5
46 Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca Memindai
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai - Teks/ bacaan yang berisi tabel atau grafik
- Isi tabel/grafik
- Merangkum tabel/ grafik Disajikan sebuah table, siwa diminta mengubah data table menjadi grafik Uraian 6
47 Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi
Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi - Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan, perasaan, pikiran dan imajinasi)
- Mendiskusikan maksud dan makna puisi Disajikan sebuah puisi, siswa diminta menentukan pengindraan yang teredapat dalam puisi Uraian 7
48 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato Menyusun teks pidato - Kalimat pembuka, isi, penutup
- syarat-syarat topik
- sumber topik
- kerangka teks pidato
- penggunaan bahasa dalam teks pidato Siswa diminta menyebut dan menjelaskan macam-macam metode yang digunakan dalam berpidato Uraian 8
49 Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato
Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat
- Topik wawancara
- Daftar pertanyaan
- Pokok-pokok isi wawancara
- Penggunaan ejaan dan tanda baca Disajikan sebuah kalimat berupa ide pokok, siswa diminta membuat sebuah kalimat deskripsi menggunakan ide pokok tersebut Uraian 9
50 Memahami Sastra Melayu Klasik Menemukan nilai yang terkandung di dalam sastra melayu klasik - Naskah sastra melayu klasik
- Nilai-nilai (budaya, moral, agama) Siswa diminta membuat sebuahcerita pendek yang didalamnya mengandung nilai agama Uraian 10

Jumat, 20 Mei 2011

RPP FAKTA - OPINI



Rencana Program Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Trenggalek
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I. Standart Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
II. Kompetensi Dasar
11. 2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
III. Indikator
1. Mampu menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
2. Mampu membedakan fakta dan opini
3. Mampu mengungkapkan isi editorial dan tajuk rencana
IV. Tujuan
Setelah memahami materi yang disampaikan :
1. Siswa mampu menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana
2. Siswa dapat membedakan fakta dan opini
3. Siswa mampu mengungkapkan isi editorial / tajuk rencana
V. Materi Pembelajaran
Fakta dan opini dalam tajuk rencana/ editorial
1. Fakta
a. Fakta : Hal-hal faktual yang diambil dari peristiwa atau gejala-gejala tertentu dari masyarakat
b. Ciri-ciri fakta : - Sesuai dengan kenyataan
- Dapat dibuktikan dengan mudah
- Terdapat perincian peristiwa
- Terdapat pelaku
- Terdapat peristiwa yang terjadi
-
- Terdapat setting peristiwa (tempat terjadinya peristiwa)
- Terdapat waktu yang menunjukkan kapan peristiwa itu terjadi
c. Contoh : Polisi mencatat bahwa sepanjang tahun 2010, terjadi 32 kasus ledakan gas di seluruh wilayah Jakarta yang mengakibatkan tujuh orang tewas dan 51 orang mengalami luka bakar
 Ulasan contoh :
- Faktual : benar-benar terjadi karena menurut hasil pencatatan polisi tahun 2010
- Ciri-ciri : - Bersifat nyata
- Terdapat setting tempat
- Terdapat perincian
- Terdapat peristiwa yang terjadi
- Terdapat pelaku
- Terdapat kapan waktu peristiwa terjadi
d. Terdapat fakta yang dapat memunculkan fakta
Contoh : Hari ini Kelas XI IPS 3 diajar guru baru, 2 hari kemarin kelas XI IPS 3 juga diajar guru baru. Apakah guru yang lama sedang sakit?
Ulasan : dalam kalimat tersebut terdapat fakta yang telah terjadi, sehingga dari fakta tersebut akan memunculkan pendapat/ opini karena kalimat tersebut merupakan tanggapan seseorang dan belum tentu kebenarannya.
2. Opini
a. Pengertian opini : merupakan argumen atau tanggapan (pendapat) seseorang terhadap peristiwa yang terjadi di masyarakat
b. Ciri-ciri Opini : - Merupakan pendapat dari seseorang
- Perlu pembuktian
- Belum tentu akurat/ benar/ sesuai dengan kenyataan
c. Contoh : Menurut saya, robohnya pohon beringin di SMAN 2 Trenggalek kemarin karena terkena angin kencang pada waktu hari hujan.
Ulasan : kalimat tersebut kebenarannya belum bisa dibuktikan, karena masih merupakan pendapat seseorang
Ciri- ciri : - Merupakan pendapat
- Belum tentu kebenarannya
- Perlu pembuktian

d. Terdapat opini yang disertai dengan fakta, hal ini bertujuan untuk mendukung opini yang disampaikan
Contoh : menurut saya, penampilan Hadrah kelas XI IPS 3 kemarin bagus. Sehingga dari hasil penilaian juri, mereka mendapatkan juara 1 pada peringatan Maulid Nabi yang diadakan pada hari Rabu kemarin.
Ulasan : pada kalimat tersebut, kalimat pertama merupakan opini dari seseorang sedangkan kalimat kedua merupakan fakta karena terdapat peristiwa yang terjadi.
3. Tajuk Rencana
Tajuk rencana adalah tulisan yang berupa ulasan/ tanggapan dari redaktur surat kabar tentang permasalahan yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.
VI. Langkah Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi waktu
1. Kegiatan Awal
a. Salam pembuka
b. Mengabsen siswa
c. Guru-siswa bertanya jawab tentang fakta dan opini
d. Guru menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran 10’
2 . Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang fakta dan opini
b. Siswa berkelompok 5-6 orang
c. Siswa membaca tajuk rencana
d. Siswa mendiskusikan temuan fakta dan opini
e. Siswa menentukan perbedaan fakta dan opini
f. Siswa berdiskusi untuk merumuskan kesimpulan (isi) dari editorial atau tajuk rencana
g. Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya 70’
3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
10’

VII. Sumber Pembelajaran
1. Alat/ media : bacaan tajuk rencana/ editorial
2. Sumber : media cetak ataupun media elektronik
3. Soal/ Instrument :
Bacalah tajuk rencana berikut dengan cermat dan teliti
1. Temukan minimal 5 fakta yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut!
( Skor maksimal 20 )
2. Temukan minimal 5 opini yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut!
( Skor maksimal 20 )
3. Sebutkan 5 ciri-ciri fakta! ( Skor maksimal 20 )
4. Sebutkan 3 ciri-ciri opini! ( Skor maksimal 10 )
5. Ringkaslah isi tajuk rencana tersebut dengan menggunakan kalimat anda sendiri! ( Skor maksimal 30 )
Perhitungan Skor Maksimal :
- Soal no. 1 : 20
- Soal no. 2 : 20
- Soal no. 3 : 20
- Soal no. 4 : 10
- Soal no. 5 : 30 +
100
Penghitungan nilai akhir dalam skala 1-100 sebagai berikut :
Nilai akhir = x skor ideal(100) = . . .