Jumat, 20 Mei 2011

RPP FAKTA - OPINI



Rencana Program Pembelajaran
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Trenggalek
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : XI / 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit

I. Standart Kompetensi : Membaca
11. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca cepat dan membaca intensif
II. Kompetensi Dasar
11. 2 Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif
III. Indikator
1. Mampu menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana atau editorial
2. Mampu membedakan fakta dan opini
3. Mampu mengungkapkan isi editorial dan tajuk rencana
IV. Tujuan
Setelah memahami materi yang disampaikan :
1. Siswa mampu menemukan fakta dan opini penulis tajuk rencana
2. Siswa dapat membedakan fakta dan opini
3. Siswa mampu mengungkapkan isi editorial / tajuk rencana
V. Materi Pembelajaran
Fakta dan opini dalam tajuk rencana/ editorial
1. Fakta
a. Fakta : Hal-hal faktual yang diambil dari peristiwa atau gejala-gejala tertentu dari masyarakat
b. Ciri-ciri fakta : - Sesuai dengan kenyataan
- Dapat dibuktikan dengan mudah
- Terdapat perincian peristiwa
- Terdapat pelaku
- Terdapat peristiwa yang terjadi
-
- Terdapat setting peristiwa (tempat terjadinya peristiwa)
- Terdapat waktu yang menunjukkan kapan peristiwa itu terjadi
c. Contoh : Polisi mencatat bahwa sepanjang tahun 2010, terjadi 32 kasus ledakan gas di seluruh wilayah Jakarta yang mengakibatkan tujuh orang tewas dan 51 orang mengalami luka bakar
 Ulasan contoh :
- Faktual : benar-benar terjadi karena menurut hasil pencatatan polisi tahun 2010
- Ciri-ciri : - Bersifat nyata
- Terdapat setting tempat
- Terdapat perincian
- Terdapat peristiwa yang terjadi
- Terdapat pelaku
- Terdapat kapan waktu peristiwa terjadi
d. Terdapat fakta yang dapat memunculkan fakta
Contoh : Hari ini Kelas XI IPS 3 diajar guru baru, 2 hari kemarin kelas XI IPS 3 juga diajar guru baru. Apakah guru yang lama sedang sakit?
Ulasan : dalam kalimat tersebut terdapat fakta yang telah terjadi, sehingga dari fakta tersebut akan memunculkan pendapat/ opini karena kalimat tersebut merupakan tanggapan seseorang dan belum tentu kebenarannya.
2. Opini
a. Pengertian opini : merupakan argumen atau tanggapan (pendapat) seseorang terhadap peristiwa yang terjadi di masyarakat
b. Ciri-ciri Opini : - Merupakan pendapat dari seseorang
- Perlu pembuktian
- Belum tentu akurat/ benar/ sesuai dengan kenyataan
c. Contoh : Menurut saya, robohnya pohon beringin di SMAN 2 Trenggalek kemarin karena terkena angin kencang pada waktu hari hujan.
Ulasan : kalimat tersebut kebenarannya belum bisa dibuktikan, karena masih merupakan pendapat seseorang
Ciri- ciri : - Merupakan pendapat
- Belum tentu kebenarannya
- Perlu pembuktian

d. Terdapat opini yang disertai dengan fakta, hal ini bertujuan untuk mendukung opini yang disampaikan
Contoh : menurut saya, penampilan Hadrah kelas XI IPS 3 kemarin bagus. Sehingga dari hasil penilaian juri, mereka mendapatkan juara 1 pada peringatan Maulid Nabi yang diadakan pada hari Rabu kemarin.
Ulasan : pada kalimat tersebut, kalimat pertama merupakan opini dari seseorang sedangkan kalimat kedua merupakan fakta karena terdapat peristiwa yang terjadi.
3. Tajuk Rencana
Tajuk rencana adalah tulisan yang berupa ulasan/ tanggapan dari redaktur surat kabar tentang permasalahan yang sedang hangat dibicarakan dalam masyarakat.
VI. Langkah Pembelajaran
No. Kegiatan Alokasi waktu
1. Kegiatan Awal
a. Salam pembuka
b. Mengabsen siswa
c. Guru-siswa bertanya jawab tentang fakta dan opini
d. Guru menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran 10’
2 . Kegiatan Inti
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang fakta dan opini
b. Siswa berkelompok 5-6 orang
c. Siswa membaca tajuk rencana
d. Siswa mendiskusikan temuan fakta dan opini
e. Siswa menentukan perbedaan fakta dan opini
f. Siswa berdiskusi untuk merumuskan kesimpulan (isi) dari editorial atau tajuk rencana
g. Siswa wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya 70’
3. Kegiatan akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
10’

VII. Sumber Pembelajaran
1. Alat/ media : bacaan tajuk rencana/ editorial
2. Sumber : media cetak ataupun media elektronik
3. Soal/ Instrument :
Bacalah tajuk rencana berikut dengan cermat dan teliti
1. Temukan minimal 5 fakta yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut!
( Skor maksimal 20 )
2. Temukan minimal 5 opini yang terdapat dalam tajuk rencana tersebut!
( Skor maksimal 20 )
3. Sebutkan 5 ciri-ciri fakta! ( Skor maksimal 20 )
4. Sebutkan 3 ciri-ciri opini! ( Skor maksimal 10 )
5. Ringkaslah isi tajuk rencana tersebut dengan menggunakan kalimat anda sendiri! ( Skor maksimal 30 )
Perhitungan Skor Maksimal :
- Soal no. 1 : 20
- Soal no. 2 : 20
- Soal no. 3 : 20
- Soal no. 4 : 10
- Soal no. 5 : 30 +
100
Penghitungan nilai akhir dalam skala 1-100 sebagai berikut :
Nilai akhir = x skor ideal(100) = . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar