Jumat, 19 Maret 2021

 



Mengenal Lebih Dalam Tentang Visual Basic


Buat kamu yang suka berhubungan dengan pemrograman, tentunya tidak asing lagi dengan VB atau Visual Basic. Namun, tahukah kamu apa itu sebenarnya Visual Basic? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai VB tersebut. Penasaran? Langsung saja lihat penjelasan di bawah ini.

Apa Itu Visual Basic?

Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis event generasi ketiga dan Integrated Development Environment (IDE) dari Microsoft untuk model pemrograman Component Object Model (COM) yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1991 dan menyatakan warisan selama tahun 2008. Microsoft bermaksud Visual Basic menjadi relatif mudah belajar dan digunakan. Visual Basic berasal dari BASIC, bahasa pemrograman yang user-friendly yang dirancang untuk pemula, dan ini memungkinkan pengembangan aplikasi grafis antarmuka (GUI) yang cepat, akses ke database menggunakan Data Access Objects, Remote Data Objects, atau ActiveX. Data Objects, dan pembuatan kontrol dan objek ActiveX.
Seorang programmer dapat membuat aplikasi dengan menggunakan komponen yang disediakan oleh program Visual Basic itu sendiri. Seiring waktu komunitas pemrogram mengembangkan komponen pihak ketiga. Program yang ditulis dalam Visual Basic juga bisa menggunakan Windows API, yang membutuhkan deklarasi fungsi eksternal.
Yang rilis terakhir adalah versi 6 pada tahun 1998 (sekarang dikenal hanya sebagai Visual Basic). Pada tanggal 8 April 2008, Microsoft berhenti mendukung IDE Visual Basic 6.0. Tim Microsoft Visual Basic masih mempertahankan kompatibilitas aplikasi Visual Basic 6.0 pada Windows Vista, Windows Server 2008 termasuk R2, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows Server 2012 dan Windows 10 melalui program “It Just Works“.
Pada tahun 2014, beberapa pengembang perangkat lunak masih lebih memilih Visual Basic 6.0 daripada penggantinya, Visual Basic .NET. Pada tahun 2014 beberapa pengembang melobi untuk versi baru dari Visual Basic 6.0. Pada tahun 2016, Visual Basic 6.0 memenangkan penghargaan dampak teknis pada The 19th Annual D.I.C.E. Penghargaan Dialek Visual Basic, Visual Basic for Applications (VBA), digunakan sebagai bahasa makro atau scripting dalam beberapa aplikasi Microsoft, termasuk Microsoft Office.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic. Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, java script, C#, dan java.

Sejarah Visual Basic

Visual Basic 1.0 diperkenalkan pada tahun 1991. Desain drag and drop untuk menciptakan antarmuka pengguna berasal dari generator bentuk prototipe yang dikembangkan oleh Alan Cooper dan perusahaannya yang disebut Tripod. Microsoft mengontrak Cooper dan rekan-rekannya untuk mengembangkan Tripod ke dalam sistem formulir yang dapat diprogram untuk Windows 3.0, dengan kode nama Ruby.
Tripod sama sekali tidak memasukkan bahasa pemrograman. Microsoft memutuskan untuk menggabungkan Ruby dengan bahasa Basic untuk membuat Visual Basic. Generator antarmuka Ruby menyediakan bagian “visual” Visual Basic dan ini digabungkan dengan mesin “Embedded BASIC” EB yang dirancang untuk sistem database “Omega” Microsoft yang ditinggalkan. Ruby juga menyediakan kemampuan untuk memuat dynamic link libraries yang berisi kontrol tambahan (kemudian disebut “gizmos“), yang kemudian menjadi antarmuka VBX.

Dari waktu ke waktu

Pada Tahun 1990an
  • Proyek “Thunder dasar” dimulai pada tahun 1990. Thunder bertahan hingga rilis terakhir Visual Basic atas nama fungsi internal utama, “ThunderRTMain“.
  • Visual Basic 1.0 (May 1991) dirilis untuk Windows di pameran dagang Comdex/Windows World di Atlanta, Georgia.
  • Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa itu sendiri tidak sesuai dengan Visual Basic untuk Windows, karena sebenarnya adalah versi berikutnya kompiler BASIC berbasis Microsoft, QuickBASIC dan BASIC Professional Development System. Antarmuka menggunakan antarmuka pengguna teks, menggunakan karakter ASCII yang diperluas untuk mensimulasikan tampilan GUI.
  • Visual Basic 2.0 dirilis pada bulan November 1992. Lingkungan pemrograman lebih mudah digunakan, dan kecepatannya meningkat. Khususnya, bentuk menjadi objek yang bisa dimaafkan, sehingga meletakkan konsep dasar modul kelas seperti yang kemudian ditawarkan di VB4.
  • Visual Basic 3.0 dirilis pada musim panas 1993 dan hadir dalam versi Standar dan Profesional. VB3 menyertakan versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yang bisa membaca dan menulis database Jet (atau Access) 1.x.
  • Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) adalah versi pertama yang bisa membuat program Windows 32-bit dan 16-bit. Ini memiliki tiga edisi; Standar, Profesional, dan Perusahaan. Ini juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis kelas non-GUI dalam Visual Basic. Ketidaksesuaian antara berbagai rilis VB4 menyebabkan masalah instalasi dan operasi. Sementara versi Visual Basic sebelumnya telah menggunakan kontrol VBX, Visual Basic sekarang menggunakan kontrol OLE (dengan nama file yang diakhiri dengan .OCX). Ini kemudian diberi nama kontrol ActiveX.
  • Dengan versi 5.0 (Februari 1997), Microsoft merilis Visual Basic secara eksklusif untuk versi Windows 32-bit. Pemrogram yang lebih suka menulis program 16-bit dapat mengimpor program yang ditulis dalam Visual Basic 4.0 ke Visual Basic 5.0, dan program Visual Basic 5.0 dapat dengan mudah dikonversi dengan Visual Basic 4.0.
  • Visual Basic 5.0 juga memperkenalkan kemampuan untuk membuat kontrol pengguna khusus, serta kemampuan untuk mengkompilasi kode Windows asli yang dapat dieksekusi, mempercepat eksekusi kode intensif perhitungan. Edisi Penciptaan Kontrol gratis yang dapat didownload juga dirilis untuk pembuatan kontrol ActiveX. Ini juga digunakan sebagai bentuk pengantar Visual Basic: sebuah proyek .exe biasa dapat dibuat dan dijalankan di IDE, namun tidak dikompilasi.
  • Visual Basic 6.0 (Mid-1998) meningkat di sejumlah area termasuk kemampuan membuat aplikasi berbasis web.
Pada Tahun 2000an
  • Dukungan lanjutan Visual Basic 6.0 berakhir pada bulan Maret 2008; Namun, komponen utama lingkungan pengembangan Visual Basic 6 berjalan di semua versi Windows 32-bit hingga dan termasuk 8.1.
  • Dukungan Mainstream untuk Microsoft Visual Basic 6.0 berakhir pada tanggal 31 Maret 2005. Diperlukan dukungan diperpanjang pada bulan Maret 2008. Sebagai tanggapan, komunitas pengguna Visual Basic menyampaikan keprihatinannya dan melobi pengguna untuk menandatangani petisi agar produk tetap hidup, tidak ada hasilnya.

Struktur Visual Basic


Struktur aplikasi visual basic terdiri dari:
  • Control Menu
    Control Menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini anda dapat mengubah ukuran, memindahkannya, atau menutup jendela.
  • Menu
    Menu Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat dipilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari menu ini sebagian hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya.
  • Toolbar
    Toolbar adalah tombol-tombol (shortcut) yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic.
  • Project Explorer
    Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek), dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (proyek), misalnya form, modul, class, dan sebagainya.
  • Form Window
    Form Window atau jendela formadalah daerah kerja utama tempat membuat program-program aplikasi Visual Basic.
  • Toolbox
    Toolbox adalah sebuah “kotak piranti” yang mengandung semua objek atau “kontrol‟ yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu objek yang akan menjadi penghubung antara program aplikasi dan user-nya, dan yang kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela form.
  • Jendela Properties
    Jendela Properties adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic. Properti adalah sifat dari sebuah objek, misalnya seperti nama, warna, ukuran, posisi, dan sebagainya.
  • Form Layout Window
    Form Layout Window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layer monitor. Posisi form pada Form Layout Window inilah yang merupakan petunjuk tempat aplikasi akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan.
  • Jendela Code
    Jendela Code adalah salah satu jendela yang penting di dalam Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic yang dibuat.

Manfaat Visual Basic

VB atau Visual Basic selain disebut dengan istilah Bahasa Pemrograman, VB juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program–program aplikasi berbasis windows. Ada beberapa kemampuan dari Visual Basic yang dapat Anda temukan diantaranya:
  • Baik VB coding atau VB net digunakan untuk membuat program berbasis windows. VB net yang selama ini terkenal adalah VB net 2010 dan masih banyak digunakan sampai sekarang.
  • VB dapat digunakan untuk membuat objek–objek pembantu program seperti misalnya kontrol ActiveX, file help, aplikasi internet dan masih banyak lagi.
  • Untuk VB net 2010 dan jenis VB lain sering digunakan menguji program debugging dan menghasilkan program akhir bereksistensi EXE yang sifatnya executable atau dapat langsung Anda jalankan.
Sejak dikembangkan pada tahun 80an, Visual Basic kini telah mencapai versinya yang ke-6. Ada beberapa keistimewaan utama yang dapat Anda temukan dari Visual Basic 6 diantaranya seperti:
  • Menggunakan platform pembuatan program yang diberi nama Developer Studio. Platform ini memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan C++ dan Visual J++. Anda dapat melakukan imigrasi atau belajar bahasa pemrograman lain dengan mudah dan cepat tanpa perlu belajar dari nol kembali.
  • VB memiliki kompiler andal yang dapat membantu menghasilkan suatu file executable yang jauh lebih cepat dan jauh lebih efisien dari sebelumnya.
  • Terdapat tambahan–tambahan kontrol baru yang jauh lebih canggih serta peningkatan kaidah struktur bahasa VB. Kini ada juga VB 2016 yang digunakan dalam bahasa pemrograman yang merupakan VB terbaru saat ini.
  • Tetapi walau demikian masih belum banyak programmer yang menggunakan VB 2016 sebagai bahasa pemrograman mereka.

Kelebihan Dan Kekurangan Visual Basic

Berikut di bawah ini ada kelebihan dan kekurangan dari Visual Basic.
Kelebihan:
  • Ringan dan tidak memakan memori banyak
Hal ini menjadikan VB banyak digunakan oleh banyak kalangan, dari pelajar, universitas, lembaga khursus pemrograman sekalipun. Hal ini mengingat VB tidak menggunakan teknologi framework seperti framework .NET di VB.NET yang mana mengandung banyak library dan komponen yang up-to-date tetapi tentunya menggunakan resource lebih banyak. VB merupakan pilihan bagi mereka yang ingin menjalankan pemrograman berskala menengah keatas, tanpa memerlukan framework seperti .NET. Walaupun banyak survei mengatakan bahwa masih ada bahasa pemrograman yang lebih cepat dari Visual Basic yaitu C++, akan tetapi VB tidak kalah cepat dari C++, semua kembali lagi kepada algoritama pemrograman dan efisiensi koding yang digunakan.
  • Resource melimpah di Internet
Dan hal yang tak kalah penting adalah adanya resurce yang melimpah untuk keperluan tutorial VB. Mulai dari forum, komunitas, snippet, contoh koding, semuanya tersedia di Internet. Dengan begitu, bagi mereka yang baru mengenal dan mempelajari VB, tidak akan mengalami kesulitan yang berarti karena adanya resource yang melimpah tersebut.
Kita bisa mendapatkan utility pendukung untuk Integrated Development Environtment (IDE) vb yang disediakan di Internet dengan cara mendownloadnya dan diinstal di PC. Adapun utilitas yang bisa Kita dapatkan contohnya adalah Color Picker, Help File Maker, Calculator VB, danbeberapa utilitas yang mungkin membantu untuk keperluan efisiensi koding seperti Code Editor.
  • File executeable yang dihasilkan kecil
File yang dihasilkan oleh VB berukuran kecil dan menggunakan resource yang tidak banyak, menjadikan VB ini aplikasi yang cocok digunakan untuk pembuatan aplikasi sederhana berskala kecil. Tutorial-tutorial tentang program VB pun bertebaran di Internet menjadikannya mudah untuk dipelajari oleh semua kalangan.
  • Pross pembelajaran yang Singkat
Jika dibanding proses pembelajaran terhadap bahasa pemrograman lain seperti Delphi, Java, C++, Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang paling mudah dioperasikan dan paling mudah dipelajari struktur bahasa pemrogramannya. Seorang pemula pun bisa dengan mudah mempelajari dan membuat aplikasi sederhana dari “Hello World” sampai aplikasi semacam Notepad dan Kalkulator. Hal itu mengingat dialek bahasa pemrograman yang digunakannya menganut bahasa BASIC sebagai pendahulunya, yang Kita kenal sebagai dialek bahasa pemrograman “Newbie Friendly” atau mudah dipelajari khususnya oleh para pemula dalam hal pemrograman.
Kekurangan:
  • Dukungan Teknologi
VB sudah merupakan aplikasi yang tradisional yang tergantikan dengan framework aplikasi terbaru, sebut saja VB.NET. Dukungan terhadap teknologi komponen pemrograman yang up-to-date seperti Crystal Report mungkin sudah tidak didapatkan lagi. Dukungan dan support terhadap Visual Basic sendiri telah dihentikan memnyebabkan support berupa update fitur dari vendor Microsoft sudah tidak ada. Yang Kita bisa lakukan adalah mendownload utilitas pendukung untuk meunjang fitur yang belum ada di Visual Basic. Ditambah issue kompatibilitas aplikasi Executeabel yang dihasilkan di Visual Basic sendiri bermasalah di sistem Operasi Windows 7, walaupun beberapa diantaranya bisa dijalankan mengingat hal ini masih bergantung pada library dan komponen apa yang digunakan saat mendesain Aplikasi yang dibangun dengan IDE Visual Basic.
  • Rentan Security/Virus
Sudah bukan merupakan rahasia lagi bilang file berensteksi .EXE (Aplikasi) merupakan file yang rentan terhadap virus. Oleh karena itu setiap executeabel hasil kompilasi VB.NET perlu dijadikan menjadi Self-Installer melalui Package Manager bawaan Visual Basic. Dengan demikian bisa mengurasi tingkat serangan langsung dari Virus. Atau bila perlu dilakukan kompressi dengan file ZIP dengan tujuan agar file EXE lebih aman terhadap gangguan virus. Karena biasanya file berformat kompressi seperti ZIP dan RAR lebih aman terhadap gangguan virus.
  • Visual Basic tidak cocok untuk Game
Banyak forum dan komuitas yang mempertanyakan tentang integritas Visual Basic dalam mengembangkan aplikasi Games. Visual Basic dinyatakan kurang cocok untuk membuat aplikasi Games, dan lebih cocok digunakan untuk membuat aplikasi berbasis database. Hal ini mungkin dikarenakan library yang disertakan di Visual Basic serta fungsional yang disediakan lebih ke database-oriented sehingga lebih memungkinkan untuk mengoptimalkan berbagai resource programming yang ada untuk keperluan database, seperti pembuatan aplikasi stock, aplikasi kepegawaian, aplikasi absensi, dan sebagainya.
  • Tidak multi-operating System
Karena Visual Basic dibuat oleh Vendor Microsoft yang ditargetkan untuk digunakan pada sistem operasinya sendiri yaitu Windows. Maka penggunakan Visual Basic sendiri terbatas pada sistem Operasi Windows. Aplikasi yang Kita buat dengan menggunakan software Visual Basic pun tidak bisa dijalankan di sistem operasi lain, semisal Linux dan MacOS. Hal ini berbeda dengan aplikasi bahasa pemrograman yang lain, sebut saja “Java” yang menggunaan technology Virtual Machine dimana kode nya di encode kedalam bahasa VM dan menggunakan interpreter khusus Java yang harus dipasang di sistem operasi target yang akan menjalan sistem buatan Java. Menjadikan Aplikasi yang dibagun dengan platform Java mampu dijalankan di berbagai operating system seperti Windows, bebragai varian Linux, dan MacOS. Tentunya hal ini dimungkinkan berkat adanya teknologi “Java Virtual Machine” yang merupakan aplikasi Interpreter untuk aplikasi yang dibuat dengan Java, yang sudah di-encode.

Sekian ulasan tentang Visual Basic dari kami. Semoga bermanfaat buat anda yang sedang membaca artikel kami.

Selasa, 23 April 2013

Kumpulan puisi - Contoh Puisi


Selamat pagi Gaes, 

Bagi kalian mungkin membuat puisi itu bukan merupakan sesuatu yang mudah. Perlu sebuah pemikiran dan ide yang cukup agar sebuah puisi dapat tercipta dengan baik. apalagi dengan mood yang bagus akan menambah keindahan sebuah puisi. 

Di bawah ini beberapa contoh puisi yang dapat membantu anda dalam  membuat puisi. Semoga bermanfaat. 

 

Tuhan Yang Cantik

 

Tuhanku yang cantik, temani aku

yang sedang menyepi di rimba kosmetik.

Nyalakan lanskap pada alisku yang gelap.

Ceburkan bulan ke lubuk mataku yang dalam.

Taburkan hitam pada rambutku yang suram.

Hangatkan merah pada bibirku yang resah.

Semoga kecantikanku tak lekas usai dan cepat luntur

seperti pupur.

 

Semoga masih bisa kunikmati hasrat yang merambat pelan

menghangatkanku 

sebelum jari-jari waktu yang lembut dan nakal

merobek-robek bajuku.

Sebelum Kau senyapkan warna.

Sebelum Kauoleskan lipstik terbaik di bibirku yang mati kata..

Sang master penyair puisi tunjuk kan pesona mu dengan kata puitis mu

izinkan aku mencium sebutir debu yg melekat diujung sepatumu

ada mata yg terbunuh kegalauan

cek  juga puisi  Rindu Ilusi | Puisi syair temanimu malam hari |Kumpulan puisi merindukanmu 


rembulan tak lagi nampak dari pintu jendelah kamarku,, 

kerana gerimis hujan turun dan membasahi pandanganku! 

Yang malu-malu untuk menunjukkan cahayanya

Karena mendung selalu menggelayut rindu

Dan menumpahkan air hujan pilu

Untukmu...

Aku blm bs Mematikan Rindu ini 

isak tangis AIR MATA KU 

mengguncang BUMI dan Arasy Ilahi Rabby

Cinta sejati kian bersemi bersemayam dlm Dlm hatisanu bari ini 

Melekat tnp sekat krn anak Panah sdh tertancap dan tak Pernah KARAT

Sang kakek Pun dtg Menghampiri 

mencoba Menghapus Air Mata yg sdh Membanjiri 

namun smua sia2 Krn Sang cucu tak Mau Melepasnya

Akankah Cinta ini salah disisinya 

entahlah . . . 

Mungkin inilah diri Ku yg sdh terbelenggu dan kian Menggebu

Hanya harapan dan Angan dlm Qalbu 

smua suatu saat Ketentuan itu Mnjdi Pasti dlm Pelaminan yg kita Nanti

 

Sekiranya rindu itu bisa di hentikan

Aku mungkin orang yng pertama hidup tanpa beban

Tapi kenyataannya semakin berusaha melepaskan semakin terasa seperti luka sayatan

Sakitnya, perihnya, panasnya...

 

Ku mencari yg Lain tp yg ada 

hanya Dia wajahnya , Dia Perawakannya . dia , 

lalu Bagaimana aku bs Melupannya 

sdgkan Dia Menghantui Kenyataan adanya

Halusinasi Bs jd Nisbi 

Delusi bs dirapihkan Kembali 

Namun ktk semua Kosong 

yg ada hanya diri yg Penuh Dosa ini dst KAU dtg lagi... 

Bagaimana AKU BS MELUPAKANNYA ia sdh tertulis Di LAUHUL MAHFUDH SANA

Bagaimana Aku kesana AKU HANYA MUNGGU TAKDIR YG DIHARAPAKN JD SATU

Jiwa yang selalu ada di hati ku

Semoga ALLAH menjagamu

Dengan sebaik~baik penjagaan

Hingga ALLAH mempertemukan kita

 


master musikalisasi puisi STKIP PGRI TRENGGALEK





mau tahu pak widi musikalitas puisi,,,,,cari tahu disini


gak kebayang kan dosen STKIP PGRI Trenggalek ini mau menunjukkan kemahirannya dalam musikalitas puisi,,,beliau yang sangat mahir dan berpengalaman dalam dunia kesasatraan tidakpernah sekalipun mempertontonkan keterampilannya kepada khalayak ramai tanpa alasan tertentu..
hal inilah yang menjadi suatu keistimewaan tentang penampilannya yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek khususnya.   cekidot

Cara meningkatkan Daya Simak Siswa




baik,,,,jumpa lagi dengan saya,,,,,
setelah kira2 hampir setahun tidak pernah membuka blog ini. 
Saya ingin membuka jendela baru untuk kalian lagi,,,oh iya,,kali ini saya akan memposting tentang cara memperkuat daya simak kita,,,hal ini sangat berguna untuk diri sendiri khususnya,,,
simak baik-baik yaa....

MENINGKATKAN DAYA SIMAK



1)    PENGANTAR
Salah satu tujuan pengajaran bahasa ialah agar para siswa terampil berbahasa, terampil menyimak, terampil berbicara, terampil membaca, dan terampil menuils. Setiap guru bahasa diharapkan berupaya meningkatkan ketrampilan berbahasa anak didiknya. Oleh sebab itu setiap guru diharuskan menguasai  pelajaran menyimak dengan baik.
Dalam bab ini kita akan memperbincangkan beberapa hal yang ada kaitannya dengan peningkatan daya simak antara lain:
a)    Aneka pengalaman audio pemertinggi kemampuan menyimak
b)    Aneka kegiatan peningkat daya simak

2)    ANEKA PENGALAMAN AUDIO PEMERTINGGI KEMAMPUAN MENYIMAK

Pengalaman audio juga dapat meningkatkan daya simak seseorang. Pengalaman serta kegiatan yang turut mempertinggi daya simak para siswa:
a)    Menyimak pada guru apabila dia:
1.    Memperkenalkan bunyi-bunyi urutan-urutan bunyi pola-pola intonasi, dan ucapan-ucapan dengan tekanan-tekanan serta jeda-jeda yang kontrastif:
2.    Memberikan petunjuk yang ada hubungannya dengan kegiatan kelas sehari-hari, missal mencatat kehadiran, memberikan pekerjaan rumah atau tugas-tugas lainnya.
3.    Memberikan kalimat-kalimat contoh berdasarkan beberapa arti gramatikal/cirri leksikal bahasa
4.    Memberikan isyarat atau mengemukakan pertanyaan-pertanyaan untuk memancing responsi, reaksi yang tepat dalam kegiatan-kegiatan latihan pola bahasa
5.    Menceritakan suatu kisah, dongeng atau fiksi lainnya
6.    Membacakan suatu paragraf, puisi atau sebabak drama secara lisan
7.    Memperagakan atau menirukan suatu dialog
8.    Bercerita mengenal suatu kejadian yang terjadi pada dirinya sendiri atau pada orang lain
9.    Menetukan suatu situasi bagi suatu dialog, film, atau siaran radio dan televise dan sebagainya
10. Mengadakan suatu imla atau dikte
11. Memberikan suatu latihan menyimak pemahaman
12. Memberikan suatu ceramah mengenal beberapa aspek kebudayaan
13. Mempersiapkan mereka bagi penulisan suatu komposisi
14. Menyebut para tamu dan mengajak mereka turut serta dalam percakapan
15. Meminta mereka turut serta dalam kegiatan-kegiatan praktis tertentu
b)    Menyimak pada para siswa lainnya memberi petunjuk-petunjuk, mengemukakan pertanyaan-pertanyaan, memberikan rangkuman-rangkuman, menceritakan aneka kejadian atau insiden
c)    Turut serta mengambil bagian atau peranan dalam suatu dramatisasi atau dialog tertentu
d)    Menyimak pada para pembicara yang diundang dari luar atau pada personalia sekolah lain
e)    Menyimak pada rekaman-rekaman bahkan ucapan, struktur, atau kosa kata; pada imla, latihan-latihan pemahaman, puisi, pidato, nyanyian, atau lakon-lakon berkali-kali, berulang-ulang sehingga mereka mendapat isi keseluruhan, dapat mendahului atau “menambah” apa kira-kira yang ingin mereka dengarkan
f)     Menyimak pada rekaman-rekaman finograf pelajaran-pelajaran yang sama berulang-ulang (termasuk rekaman-rekaman nyanyian drama, puisi, pidato)
g)    Menyimak pada film-film bicara beberapa kali ini terutama sekali disiapkan pada para pelajar bahasa dan acara-acara radio dan televise yang terpilih
h)   Ikut serta dalam percakapan-percakapan melalui telepon
i)     Mewancarai, mengadakan tanya jawab dengan orang-orang tertentu


3)    ANEKA KEGIATAN PENINGKAT DAYA SIMAKAN

Para guru yang arif bijaksana yang telah berpengalaman bertahun-tahun dimuka kelas dengan mudah dapat menemukan beraneka ragam kegiatan yang akan turut meningkatkan kegiatan menyimak (yang tajam dan mendalam) para anak didik mereka.
Kegiatan-kegiatan peningkatan daya menyimak konversasif, apresiasif, eksplosif, dan konsentratif saja.
1.    Menyimak konversasif
Prosedur-prosedur berikut dapat kita manfaatkan demi perbaikan, peningkat, serta kemajuan bagi kegiatan menyimak konversasif:
a.    Menyiiagakan, menyuruh anak-anak bersiap-siap bagi keperluan perbaikan serta peningkatan dengan mendiskusikan tanda-tanda atau ciri-ciri kurangnya perhatian para penyimak yang telah diperhatikan oleh para siswa pembicara dari waktu ke waktu, dari masa ke masa.
b.    Mengadakan norma-norma atau standar-standar bagi menyimak yang sopan santun dan untuk menjadikan seorang konversasionalis yang pandai dan lincah bercakap dengan menarik, terlebih dalam diskusi.
c.    Membuat rekaman percakapan kelas serta menerapkan norma-norma yang telah ditetapkan itu.
d.    Membuat suatu daftar norma-norma bagi menyimak sopan santun yang tumbuh secara terangsur-angsur.
e.    Mengevaluasi percakapan-percakapan kelas berdasarkan daftar norma menyimak sopan santun diatas.
f.     Mendorong siswa untuk mengevaluasi diri sendirir dengan mempergunakan daftar norma diatas.
g.    Memberi kesempatan kepada wakil-wakil kelas untuk mengadakan evaluasi atas kegiatan menyimak berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan itu.

Perlu kita ingat bahwa menyimak kritis turut terlibat tatkala anak-anak bekerja bersama-sama untuk meningkatkan kebiasaan menyimak mereka.

2.    Menyimak Apresiasif
Dua aspek yang berbeda yang harus dipertimbangkan dalam kegiatan menyimak apresiasif:
1)    Keresponsifan; dan
2)    Pengolahan serta pengembangan cita rasa
Membaca nyaring atau membaca bersuara sering kali merupakan latar belakang bagi menyimak responsive atau menyimak apresiasif, apabila para penyimak::
a)    Membuat sketsa atau bagan suatu kartun asli seorang tokoh atau situasi yang dilukiskan dalam suatu cerita.
b)    Mempantominkan, memainkan boneka atau wayang, atau mendramatisasikan secara spontan sebagai suatu response terhadap suatu cerita yang baru saja disimaknya.
c)    Secara individual menceritakan atau menulis suatu kesimpulan atau akhir yang original bagi suatu cerita yang berkualitas tinggi; dan
d)    Membuat latar belakang suara/bunyi-bunyian dengan ritme instrument-instrumen orkes pada saat guru membacakan suatu puisi atau cerita yang melukiskan berbagai jenis suara atau kecepatan gerakan.

Bercerita. memberi kesempatan pada anak untuk belajar menyimak secara apresiasif dan keratif; misal:
a)    Menceritakan kisah-kisah berantai yang setiap peserta harus menyambungnya mulai pada saat pembicara awal sampai berhenti;
b)    Menyaksikan adegan pertama suatu lakon yang direncanakan dan disajikan oleh suatu panitia, lalu secara spontan menyusun mempersiapkan adegan berikutnya;
c)    Menyimak pada petunjuk-petunjuk dalam cerita-cerita yang telah dipersiapkan yang diceritakan oleh para anggota suatu panita atau komite khusus, yang menimbulkan serta menyarankan cerita-cerita spontan pada pihak para penyimak; dan
d)    Bagi para siswa lanjutan, memperhatikan serta mencatat ide-ide yang disarankan oleh puisi-puisi dan cerita-cerita yang disajikan oleh guru atau teman-teman sekelas mereka.

Dalam upaya meningkatkan serta mengembangkan cita rasa para siswa para siswa dalam menyimak, maka kegiatan-kegiatan berikut yang dapat memberi bantuan yang bermanfaat:
a)    Membuat pita rekaman berbagai cerita dan puisi yang digemari oleh para siswa dan memberi kesempatan kepada para penyimak meminta atau menyajikan pribadi terhadap salah satu yang paling digemari atau yang lainnya agar diskusi dalam kelas mengenai kualitas-kualitas yang terkandung dalam puisi dan cerita yang menarik sepanjang masa.
b)    Melukis atau menggambar pemandangan-pemandangan yang disarankan oleh pilihan yang terbanyak yang merupakan pujian;
c)    Mengadakan suatu “pawai sukses” puisi-puisi atau cerita-cerita antar pribadi atau antar kelas yang didengar selama masa dua minggu tatkala  anak-anak mendapat giliran membaca.
d)    Membuat “pawai sukses” kelas yang bersamaan dari pertunjukan-pertunjukan radio atau televise setempat:
e)    Menyelidiki pendapat umum mengenai berbagai preferensi atau pilihan menyimak para anggota kelas bagi acara-acara serupa itu, dilanjutkan dengan suatu kegiatan diskusi mengenai kualitas-kualitas yang menyebabkan pilihan tersebut:
f)     Membuat suatu lembaran penilaian yang secara koperatif menunjukkan jenjang-jenjang untuk mengevaluasi penyimakan radio dan televise dan akhirnya
g)    Membentuk suatu komite atau panitia yang akan memberikan pengumuman kemajuan acara-acara pilihan yang disajikan pada suatu teater local atau pada acara radio dan televise.

3.    Menyimak Eksplorasif
Peningkatan serta kemajuan dalam bidang menyimak eksplorasif atau menyimak penjelajahan timbul dari kegiatan-kegiatan yang kita terakan berikut:
a)    Dalam memperluas dan mendalami makna-makna kata, para siswa dapat menyimak pada kata-kata tertentu yang telah didaftarkan di papan tulis sebelum menyimak suatu bacaan pilihan. Mereka akan memahami makna dengan memperhatikan konteks pemakaian kata-kata tersebut.
b)    Setelah menyimak pada seperangkat petunjuk hanya sekali saja, para siswa akan mengadakan suatu eksperimen sederhana melaksanakan beberapa usaha dalam keahlian atau kontruksi.
c)    Setelah menyimak, para siswa menuliskan petunjuk-petunjuk, misalnya bagi penyelamatan diri di pantai atau bagi permainan sepak bola.
d)    Atau mereka menyimak informasi baru mengenai suatu topic yang sebagian telah pernah dipelajari.

Cara yang paling baik untuk membantu para siswa menyimak informasi ialah melihat apakah mereka menyimak dengan suatu pertanyaan atau masalah dalam hati, apakah mereka mempunyai suatu maksud eksplisit bagi kegiatan menyimak yang akan mereka lakukan itu. Sang guru dapat memikirkan serta merencanakan berbagai latihan khusus, misalnya:
          I.    Dia dapat membuat suatu catatan atau arsip laporan berita dan menerbitkan ujaran-ujaran yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang bertentangan, yang telah usang tidak terpakai lagi, atau yang tidak masuk akal sama sekali, dan menyuruh para siswa menyimak secara khusus terhadap kontradiksi-kontradiksi dan pertanyaan-pertanyaan yang telah usang atau yang menggelikan.
        II.    Guru yang berbakat dapat menulis pertanyaan-pertanyaan yang bertentangan atau yang tidak masuk akal itu buat siamakan kelas seperti: “Ani pergi ke kebun memetik mawar yang telah layu dan indah warnanya buat ditaruh di dalam pot bunga yang telah pecah di kamar tamu.”
       III.    Para siswa dapat menyimak laporan-laporan atau suatu penjelasan untuk mempelajari fakta-fakta yang memperbaiki ide-ide yang keliru terdahulu.
      IV.    Seluruh kelas dapat menonton serta menyimak suatu film bicara dengan tujuan utama memikirkan masalah-masalah yang dapat membimbing diskusi kelompok.

Suatu bentuk menyimak yang relative lebih maju bagi informasi adalah penentuan ide pokok dalam suatu pilihan yang baru saja di dengar. Kegiatan-kegiatan menyimak pertama hendaknya dipusatkan pada paragraf-paragraf tunggal dalam latihan-latihan yang menuntut para siswa:
a)    Memilih topic pusat yang sebenarnya dari suatu daftar pilihan berganda topic-topik yang berhubungan dengan paragraf tersebut yang hanya salah satu diantaranya yang merupakan ide pokok sebenarnya dari paragraf itu. Atau
b)    Dengan cara yang sama memilih kalimat topic paragraf tersebut. Topic-topik atau pertanyaan-pertanyaan pilihan berganda itu hendaknya di tulis di papan tulis sehingga para siswa mempunyai waktu untuk memikirkan serta mempertimbangkannya secara evaluatif.
c)    Menuliskan, dalam urutan yang wajar, suatu topic yang memainkan peranan penting atau yang dapat mewakili ide topic dalam pilihan itu; atau
d)    Menulis suatu pertanyaan bagi masing-masing. Kelas tujuh dan kelas delapan hendaknya sanggup menggarap latihan yang lebih sulit lagi tetapi yang bermanfaat bila mereka menemukan tema keseluruhan pilihan itu. Disini pun butir-butir pilihan berganda hendaknya tersedia bagi para siswa untuk:
e)    Memilih topic-topik inti: atau
f)     Memilih kalimat yang baik mengekspresikan tema tersebut. Para siswa yang lebih pintar pada akhirnya hendaknya sanggup dan mapu untuk:
g)    Menuliskan tema tersebut secara bebas. Dan akhirnya setelah memperoleh banyak pelajaran dalam menemukan ide-ide pokok, maka para siswa hendaknya mampu:
h)   Manulis rangkuman-rangkuman.

4.    Menyimak Konsentratif
Bentuk lain dari menyimak konsentratif yang menuntuk para siswa untuk memperhatikan urutan ide-ide, adalah sebagai berikut:
a.    Permainan sederhana yang mengikutsertakan anak-anak mengulangi apa-apa yang dikatakan dalam pernyataan-pernyataan kumulatif para siswa terdahulu: contoh:
Mereka pergi ke pasar membeli buah-buahan
Ani      :     “Saya membeli jeruk.”
Ana     :     “Saya membeli jeruk dan pisang.”
Ina      :     “Saya membeli jeruk dan pisang dan mangga.”
Ida       :     Saya membeli jeruk. Pisang. Mangga. Dan durian.”
Permainan ini berlangsung terus selama daftar kumulatif lengkap dan dalam susunan yang benar.
b.    Tugas kedua yang menarik adalah mempantomimkan suatu cerita yang telah disajikan secara lisan.
c.    Suatu tugas alternative adalah penceritaan kembali cerita tersebut dalam urutan yang wajar.
d.    Alternatif lain adalah membuat gambar-ganbar yang sesuai dengan adegan-adegan cerita tersebut.
Bilamana para siswa harus menyimak detail-detail. Maka pertama kali mereka harus diberitahukan dan diingatkan akan adanya pokok-pokok dan ide-ide penting yang akan dilukiskan:
  1. Sebaik mereka menyimak, hendaknya mereka menulis suatu topic atau suatu kalimat untuk mengambarkan setiap detail tratif penting.
  2. Para siswa dapat menyimak detail-detail yang akan membantu mereka untuk membuat suatu bagan yang tepat atau gambar teperinci pada suatu gambar dinding.
Sang guru pun akan menemukan cara yang sebaiknya untuk menyusun pilihan-pilihan atau cuplikan-cuplikan yang menonjolkan detail-detail ilustratif yang tegas dengan membuat kliping-kliping atau rekaman-rekaman pita. Salah satu dari pelajaran-pelajaran penting yang harus dipetik oleh anak sekolah yang masih muda itu ialah perbedaan antara fakta dan mantasi, antara kentataan dan khayalan, selanjutnya dapat membedakan dengan tegas antara fakta dan opini, antara kenyataan dan pendapat.
Demikian telah kita perbincangkan dengan agak terperincianeka kegiatan peningkat daya simak para siswa.

cek juga  kumpulan puisi Ibu, Aku Gagal | Puisi Sedih, Puisi Story Wa, | Puisi Kehidupan | Renungan menemani malam kamu https://youtu.be/9U0hpj1TG50


master musikalisasi puisi STKIP PGRI TRENGGALEK





mau tahu pak widi musikalitas puisi,,,,,cari tahu disini


gak kebayang kan dosen STKIP PGRI Trenggalek ini mau menunjukkan kemahirannya dalam musikalitas puisi,,,beliau yang sangat mahir dan berpengalaman dalam dunia kesasatraan tidakpernah sekalipun mempertontonkan keterampilannya kepada khalayak ramai tanpa alasan tertentu..
hal inilah yang menjadi suatu keistimewaan tentang penampilannya yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek khususnya.   cekidot